Pengertian Obat dan Golongan Obat

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Obat atau Definisi Obat atau Arti Obat adalah suatu zat yang digunakan untuk diagnosa, pengobatan, melunakkan, penyembuhan atau pencegahan penyakit pada manusia atau pada hewan.
Meskipun obat dapat menyembuhkan tapi banyak juga orang yang menderita keracunan obat. Sehingga obat itu bisa bersifat sebagai obat dan dapat pula bersifat sebagai racun. 
Bersifat sebagai obat jika tepat digunakan dalam pengobatan suatu penyakit dengan dosis dan waktu yang tepat. Bersifat sebagai racun bila digunakan salah dalam pengobatan atau dengan dosis berlebih. 
Obat bila digunakan tidak menurut aturan yang telah ditentukan oleh ahlinya yaitu Apoteker atau Dokter justru akan berakibat fatal bahkan dapat menyebabkan kematian, misalnya karena over dosis.
Penggunaan obat harus mempertimbangkan dan mengetahui efek obat, penyakit apa yang diderita, berapa dosisnya, serta kapan dan dimana obat itu digunakan.
Berbagai golongan obat antara lain adalah :
Obat yang tergolong oksitosik berguna memacu aktivitas otot rahim tetapi beberapa obat lain secara terpilih bekerja sebagai pengendor otot rahim.
Obat yang tergolong midriatik bekerja melebarkan pupil mata sedangkan obat golongan miotik mengecilkan pupil mata.  
Golongan hemostatik adalah obat yang dipergunakan untuk mencegah perdarahan. Obat golongan emetik adalah obat untuk mendorong supaya muntah. Golongan antiemetik adalah obat untuk mencegah agar tidak muntah.
Golongan diuretik adalah obat untuk memperbanyak air kencing, menghilangkan bengkak atau oedeem. Golongan sudoriferik digunakan untuk memperbanyak keluar keringat dan ekspektoran digunakan untuk mengencerkan cairan dahak pada saluran pernafasan. 
Jenis obat yang lainnya bersifat anestetik yang dipergunakan untuk pembiusan umum, analgesik untuk mengurangi rasa sakit, dan antibiotik untuk membunuh kuman dan transfusi darah cairan intravena dan makanan atau nutrisi.
Sumber Rujukan :
Moh. Anief, 1997, Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Obat, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :