Proses Komunikasi dan Komponen Komunikasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Komunikasi adalah suatu proses, bukan hal yang statis. Implikasi dari hal ini adalah bahwa komunikasi memerlukan tempat, dinamis, menghasilkan perubahan dalam usaha mencapai hasil, melibatkan interaksi bersama, serta melibatkan suatu kelompok.
Proses komunikasi antara Komponen Komunikasi : Komunikator, Pesan, Komunikan, dapat digambarkan sebagai berikut :
Penjelasan sebagai berikut :
Pengirim pesan atau komunikator melakukan encode, yaitu memformulasikan pesan yang akan disampaikannya dalam bentuk code yang sedapat mungkin dapat ditafsirkan oleh komunikan atau penerima pesan.
Komunikan atau penerima pesan kemudian menafsirkan code yang disampaikan oleh pengirim pesan. Berhasil tidaknya komunikasi tergantung dari ketiga komponen tersebut.
Dilihat dari prosesnya, komunikasi dapat dibedakan atas komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan bahasa, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan. Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan isyarat, gerak-gerik, gambar, lambang, mimik muka dan lain sebagainya.
Sumber Tulisan :
IGAK Wardani, Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar, Buku Acuan, Program Pekerti 2006, P2P Universitas Negeri Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :