Mengantisipasi Kebakaran Di Rumah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kasus Kebakaran beberapa hari terakhir ini cukup tinggi khususnya di Ibukota Jakarta, tak ayal kebakaran ini menyebabkan kerugian materiil yang sangat besar bahkan sampai meimbulkan korban jiwa.
Penyebab Kebakaran paling banyak adalah akibat korsleting listrik, oleh karena itu untuk instalasi kabel rumah gunakanlah kabel yang memenuhi standar PLN dan segeralah kabel itu diganti jika sudah melewati ambang masa pakai. 
Kabel ini sangat penting, lebih baik mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal untuk kabel yang baik daripada membeli kabel yang murahan yang kemudian hari berakibat fatal.
Kabel yang biasa-biasa saja itu cepat panas, ketika kabel panas maka lapisan pembungkusnya bisa meleleh, jika pembungkus terbuka dan aliran positif negatif bertemu maka akan menyebabkan percikan api yang selanjutnya menjadi pemicu terjadinya kebakaran rumah.
Penyebab lain kebakaran yang terjadi dirumah adalah karena tabung ataupun kompor gas meledak. Penyebab kompor gas meledak ini dikarenakan beberapa faktor antara lain kebocoran selang gas, tabung gas yang tidak memenuhi standar, kurangnya perawatan, serta ventilasi dapur yang buruk.
Jika anda mencium bau gas maka segeralah periksa tabung gas, jika ada kebocoran langsung saja buka regulator tabung, dan janganlah anda menyalakan api maupun menyalakan listrik.
Mengapa tidak boleh menyalakan listrik...? Karena ketika menyalakan listrik, misalnya mencolokkan stop kontak, sedikit banyak pasti akan ada percikan listrik. Gas dari tabung gas itu bersifat lembut dan mengisi ruang hampa, jika gas bergesekan dengan percikan listrik maka akan memicu timbulnya apai. Jadi pastikan gas benar-benar hilang dari dalam ruangan jika anda ingin menyalakan listrik.
Tidak ada salahnya juga jika anda menyediakan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan dirumah untuk mengantisipasi jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan. 
Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengantisipasi Kebakaran Di Rumah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :