Kelebihan dan Kelemahan Lantai Kayu

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Agar Lantai Kayu Awet selain perawatan, kita juga perlu mengenali jenis lantai kayu sebelum anda memutuskan untuk membeli dan menggunakannya untuk rumah.
Jenis Lantai Kayu yang beredar dipasaran memiliki jenis Solid, Engineered dan Laminated. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangannya :
1. Lantai Kayu Solid
Lantai Kayu jenis ini merupakan lantai yang terbuat dari kayu asli. Jenis ini dibentuk menyerupai lantai kayu yang berbentuk lembaran panel dan memiliki celah yang memudahkan pemasangannya.Lantai Kayu solid juga memiliki ketebalan yang lebih dibanding Engineered dan Laminated, ketebalan jenis lantai ini rata-rata antara 1,5 sampai 2,2 cm. Kelebihan lainnya adalah pada tampilannya yaitu serat kayunya bisa tampak dan juga paling kuat diantara jenis lantai kayu lainnya.
Meskipun banyak kelebihannya, namun lantai kayu solid ini juga memiliki kekurangan antara lain adalah kayu tidak tahan terhadap perubahan cuaca yaitu kayu akan mengalami pemuaian atau menyusut jika tidak dirawat dengan tepat.
2. Lantai Kayu Engineered
Jenis lantai ini disebut juga dengan multi-layer. Lantai kayu yang mirip dengan lantai kayu solid ini dalam pembuatannya dengan cara kayu solid dipotong-potong dengan ukuran ketebalan tertentu yang kemudian ditumpuk secara bersilang yaitu horizontal dan vertikal. Tumpukan-tumpukan kayu solid itu selanjutnya di tekan agar menjadi padat. Bagian atasnya kemudian dilapisi pelindung sehingga membuatnya halus dan debu maupun kotoran tidak masuk kedalam sela-sela kayu atau pori-porinya.
3. Lantai Kayu Laminated (High Density Fiber)
Lantai Kayu Laminated atau High Density Fiber (HDF) ini bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah serbuk kayu yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Sama seperti lantai kayu engineered, bagian atas lantai kayu ini juga diberi lapisan yang mencegahnya dari goresan. Jika lantai kayu yang dipasang banyak dilalui banyak orang maka pilihlah lantai kayu laminated dengan lapisan tingkat tinggi, sehingga lantai kayu ini dapat menahan goresan.
Demikianlah tentang Kelebihan dan Kelemahan Lantai Kayu, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :