Gejala Tumor Otak Jinak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tumor Otak Jinak biasanya tumbuh perlahan-lahan, tidak menyerang jaringan sekitarnya atau menyebar ke organ lainnya, dan sering memiliki perbatasan atau tepi yang dapat dilihat pada CT scan. Tumor Otak Jinak ini biasanya juga jarang berkembang menjadi kanker.
Penyebab Tumor Otak Jinak secara tepat tidak diketahui, tetapi banyak ahli mengemukakan bahwa penyebab tumor ini antara lain riwayat sakit keluarga, radiasi atau paparan bahan kimia, misalnya vinil klorida, formaldehida.
Tumor Otak Jinak memiliki potensi bahaya dan mengancam hidup penderitanya karena tumor ini dapat memampatkan jaringan otak dan struktur lainnya di dalam tengkorak, sehingga istilah "Kanker Jinak" kadang tidak tepat.
Gejala atau Tanda Tumor Otak Jinak adalah sebagai berikut :
1. Masalah penglihatan
2. Masalah pendengaran
3. Masalah keseimbangan
4. Perubahan dalam kemampuan mental, misalnya konsentrasi, ingatan dan bicara
5. Kejang, otot menyentak
6. Perubahan dalam indra penciuman
7. Mual atau muntah
8. Kelumpuhan wajah
9. Sakit kepala
Pengobatan tumor otak jinak biasanya didasarkan pada umur atau usia penderita, lokasi atau tempat tumor, ukuran tumor, dan kondisi keseluruhan pasien.
Perawatan atau pengobatan yang paling utama pada tumor otak jinak adalah dengan Operasi Otak atau craniotomy, dengan operasi pengangkatan tumor dan terapi radiasi radiasi.
Pemberian obat juga sering dilakukan seperti pemberian kortikosteron yang dapat mengurangi pembengkakan dan membantu menyembuhkan. Meskipun tumor otak jinak ini mempunyai potensi dan resiko bahaya, namun jarang ditemui kasus tumor otak jinak yang tidak tersembuhkan. Langkah terbaik adalah deteksi dini, jika anda mengalami gejala-gejala diatas dan ada keluhan di otak atau kepala, alangkah baiknya jika anda segera konsultasikan dan periksakan ke dokter sehingga apabila ada kelainan bisa cepat terdeteksi dan cepat dilakukan perawatan sehingga tidak membahayakan.
Demikianlah sekilas tentang Gejala Tumor Otak Jinak, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :