Hysteroscopy - Sterilisasi Wanita Tanpa Sayatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sterilisasi adalah salah satu metode dan dan alat kontrasepsi bagi wanita untuk mencegah kehamilan atau memutus kehamilan. Karena alasan tertentu misalnya adanya penyakit bisa saja seorang wanita harus menggunakan alat kontrasepsi berupa sterilisasi.
Metode sterilisasi ini untuk sebagian wanita merupakan suatu hal yang meresahkan, karena metode ini dalam pelaksanaannya menggunakan sayatan, sehingga banyak wanita yang tidak menginginkannya bahkan cenderung menimbulkan ketakutan.
Macam-Macam Teknik dan Metode Sterilisasi antara lain :
1. Minilaparotomi
Teknik atau metode minilaparotomi ini dalam pelaksanaannya harus dilakukan sayatan selebar kurang lebih 10 cm di bagian perut.
2. Laparoskopi
Teknik atau metode laparoskopi ini dalam pelaksanaannya harus dilakukan sayatan selebar kurang lebih 1,5 sampai 2 cm di bagian perut.
Namanya operasi bedah meskipun tidak menimbulkan rasa sakit tetap saja banyak yang tidak menyukainya dan takut jika harus menjalaninya. Perkembangan teknik dan metode sterilisasi ini terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga kini telah hadir Metode dan Teknik Sterilisasi Wanita Tanpa Sayatan yaitu Histeroskopi (Hysteroscopy).
Dalam pelaksanaan sterilisasi histeroskopi ini sama sekali tidak dilakukan sayatan sama sekali pada perut, anda juga dapat memilih tanpa pembiusan maupun dengan pembiusan lokal. Tidak seperti teknik lain, setelah anda menjalani operasi sterilisasi histeroskopi ini anda sudah bisa pulang dan juga beraktivitas seperti semula tanpa perawatan inap.
Kehadiran metode dan teknik sterilisasi histeroskopi ini diharapkan pasien yang menjalaninya dapat merasa lebih nyaman, karena peralatan-peralatan yang digunakannya menggunakan peralatan terbaru dengan bentuk yang sangat kecil.
Cara kerja alat ini sangat simpel, jika dilakukan oleh dokter yang ahli maka akan cepat selesai. Proses sterilisasi histeroskopi adalah dengan memasukkan alat sebesar 0,3 cm yang dilengkapi kamera mikro kedalam rahim melalui organ vital wanita, dengan bantuan kamera inilah maka dengan tepat dokter dapat menentukan saluran telur.
Demikianlah sekilas tentang Metode dan Teknik Sterilisasi Wanita Tanpa Sayatan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :