Hewan-Hewan Langka Di Indonesia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Indonesia memiliki kekayaan fauna yang luar biasa baik dalam jumlah, jenis, maupun keindahannya. Namun karena kurangnya perhatian dan ulah manusia banyak keanekaragaman fauna kita banyak yang terancam punah, ulah manusia yang mengganggu ekosistem lambat laun membuat kelangsungan hidup hewan-hewan eksotik di Indonesia mulai menurun jumlahnya dan masuk kategori langka. Jika hal ini dibiarkan maka suatu saat semua ini hanya akan tinggal cerita dan anak cucu kita hanya kebagian gambar dan fotonya saja.
Berikut Ini hewan langka yang ada di Indonesia :
Cenderawasih
1. Burung Cendrawasih
Burung Cendrawasih adalah salah satu jenis burung yang sangat eksotis dan luar biasa yang berasal dari Papua. Saking indahnya nich burung hingga disebut sebagai Burung Surga...Hebaaat.
Tapi sayang keindahan bulu burung Cenderawasih malah berbalik menjadi bumerang bagi kehidupan burung Cenderawasih ini, banyak orang yang memburunya untuk diambil bulu indahnya sebagai hiasan dan aksesoris. Yuuuk sadar bareng-bareng ya...jangan lagi berburu Burung Cenderawasih, biarkan burung Cenderawasih lestari hingga anak cucu kita juga akan tau dan melihat jika dinegeri ini ada burung yang luar biasa indah.
2. Burung Jalak Bali
Jalak Bali
Burung Jalak Bali juga sangat indah dengan warna bulu putih dan jambulnya, burung ini terlihat sangat elegan sekali. 
Burung Jalak Bali juga mengalami kelangkaan karena banyak orang yang menginginkannya menjadi burung peliharaan, namun sekarang nasib Jalak Bali cukup beruntung karena banyak diperhatikan oleh penghobi dan pemerhati burung yang baik hati untuk ditangkarkan. 
Karena kesadaran dan penangkaran, untuk beberapa tahun kedepan kemungkinan jumlah burung Jalak Bali akan terus meningkat sehingga keberadaannya akan tetap lestari dan menjadi kebanggaan kita semua. 
Orang Utan
3. Orang Utan
Masih hangat kita lihat dan dengar tentang pembunuhan Orang Utan di Kalimantan yang dilakukan oleh perusahaan Kelapa Sawit hanya dengan alasan Orang Utan dianggap hama pengganggu. 
Sungguh serakah manusia jenis ini, apa nggak berpikir mengapa Orang Utan sampai mengganggu perkebunan, bukankah habitat mereka yang diganggu manusia duluan. Berapa sich nilai kerugian akibat ulah Orang Utan dibandingkan ulah kita terhadap Orang Utan. Mikir...Mikir...jangan duit aja yang lu pikir, Orang Utan juga makhluk Tuhan yang harus dilindungi. 
Sinting benar jika orang tega membunuh Orang Utan hanya karena sebab seperti ini. Manusia tuh dikaruniai hati nurani untuk mengatur dan mensejahterakan bumi, bukan malah merusak.
4. Komodo
Komodo
Kita patut bangga dan mengacungkan jempol dengan si Komodo atau Kadal Raksana ini, karena mampu memberikan kebanggan kepada kita dan negeri ini dengan mendapatkan dan menyabet penghargaan menjadi salah satu New 7 Wonders of Nature
Komodo merupakan hewan endemik Pulau Komodo yang tidak ditemukan dibelahan dunia manapun kecuali Pulau Komodo. Jumlah yang tidak begitu besar membuat keberadaan hewan Komodo ini harus mendapat perhatian lebih agar keberadaannya yang langka sekarang ini dapat lestari sampai kapanpun.
5. Badak
Badak Bercula Satu
Di Indonesia ada dua jenis Badak yaitu Badak bercula satu atau Badak Jawa (Di Ujung Kulon) dan Badak bercula dua di Sumatera (Gunung Leuser). Saya masih ingat ketika melihat sebuah acara televisi yang menayangkan tentang Badak di Ujung Kulon. Dengan penuh perhatian saya plototin TV dengan harapan ingin melihat Badak Bercula Satu di habitat aslinya...Eeeeh sampai acara habis nggak ada badaknya yang ada hanya jejak-jejak kaki badak. Ini adalah tanda jika jumlah Badak semakin menipis sehingga sulit sekali untuk ditemukan. Nah dengan kondisi yang langka ini jika tidak diperhatikan maka akan punahlah hewan gemuk dan berotot ini.
6. Harimau Sumatera
Harimau Sumatera
Nasib Harimau Sumatera tidak kalah tragis dengan Orang Utan, yang banyak mati mengenaskan karena perburuan. Kulit Harimau saat ini berharga mahal sehingga malingpun rela menguliti Harimau di kebon binatang. Pernah denger kan peristiwa ini...? Itulah manusia, apapun akan dilakukan jika kebutuhan hidup tidak terpenuhi, tapi kok ya tega membunuh Harimau untuk dijual kulitnya...! Ati-ati bagi pelaku pembunuh Harimau, nanti dibales dimakan Harimau, mewek luuu...!
Harimau Sumatera semakin lama semakin sedikit jumlahnya, sehingga pemerintah harus serius menangani kelestarian Harimau Sumatera ini.
7. Gajah Sumatera
Gajah Sumatera
Jika Harimau banyak diburu untuk diambil kulitnya, Gajah juga banyak diburu hanya untuk diambil gadingnya yang akan dipergunakan untuk hiasan. Jika kita pikir lebih dalam, sebanding gak sich bunuh Gajah hanya untuk diambil gadingnya, kemudian gadingnya dibuat hiasan untuk gagah-gagahan yang diletakkan di ruang taamu. Manusia....manusia....mengapa kau lakukan ini semua. Pemerintah tolonglah perhatikan dan lestarikan gajah-gajah di Indonesia...Please....!
Okelah cukup sekian bahasan saya tentang Hewan-Hewan Langka Di Indonesia, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :