Derajat Keasaman (pH) : pH Strips dan pH Meter

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian pH (potential of hydrogen) adalah derajat keasaman yang dipergunakan atau dipakai untuk menyatakan suatu tingkat keasaman atau kebasaan (Asam-Basa) dari suatu larutan. 
pH Strips
Misalnya pH Saliva adalah derajat keasaman yang dipergunakan atau dipakai untuk menyatakan suatu tingkat keasaman atau kebasaan dari saliva atau air ludah.
Alat pengukur pH yang dapat digunakan adalah pH-meter dan Indikator universal (Kertas Indikator – pH Strips Paper), dengan alat ukur ini kita dapat mengetahui derajat keasaman suatu larutan itu asam, basa atau netral. Skala pH antara 0 - 14 dimana 0 – 6 bersifat asam, 7 bersifat netral dan 8 -14 bersifat basa.
1. Indikator Universal (pH Strips Paper - Kertas Indikator)
Ph Strips Paper ini memiliki 4 garis warna yaitu warna kuning, warna hijau, warna jingga dan warna jingga kecokelatan. Anda tidak akan kesulitan menggunakan alat ini karena sudah ada petunjuk indikator warna dan angka (nilai pH), anda hanya perlu memperhatikan dengan cermat warna-warna pada pH strips.
2. pH-Meter
pH Meter
Penggunaan pH meter ini sangat mudah, kita cukup mencelupkan mencelupkan elektroda kedalam larutan yang akan kita ukur dan secara otomatis pH meter akan mendeteksi nilai pH dalam bentuk angka.
Jika kita hubungkan dan gambarkan dengan rasa, sifat asam rasanya masam, sifat netral rasanya asin, manis dan tawar, sifat basa rasanya pahit.
Penjelasan singkat tentang Derajat Keasaman (pH) : pH Strips dan pH Meter ini semoga saja jelas, terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :