Perawatan Rambut Secara Tradisional Dengan Bahan Alami

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Perawatan Rambut Secara Tradisional Dengan Bahan Alami
Setiap wanita ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Berbagai cara perawatan pun dilakoni untuk memujudkan keinginan itu. Baik perawatan dirumah, di salon kecantikan, hingga dokter kecantikan. Di antara metode perawatan rambut yang ada, perawatan rambut secara tradisional banyak diminati. Selain ekonomis, perawatan ini dapat dilakukan sendiri di rumah sehingga banyak waktu yang dapat di hemat.
Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah penampilan rambut yang prima dan sehat. Di samping itu, perawatan dilakukan untuk menjaga kesuburan rambut dan keindahan rambut itu sendiri. Perawatan rambut secara tradisional yang diwariskan oleh leluhur kita dahulu umumnya menggunakan bahan-bahan alami dan bahan-bahan ini mudah di dapat di sekitar kita.
Berikut ini bahan-bahan alami yang dipergunakan untuk merawat rambut :
a. Perawatan Rambut Dengan Lidah Buaya 
Dapat digunakan untuk menebalkan rambut, penggunaannya dapat dioleskan langsung pada kulit kepala sebelum keramas. Diamkan beberapa saat agar getah atau lendir meresap di kulit kepala. Setelah itu keramaslah seperti biasa setelah lendir kering.
b. Perawatan Rambut Dengan Madu
Madu dapat digunakan langsung di kulit kepala. Agar mudah meresap pada pori-pori kulit kepala, encerkan madu dengan sedikit air, lalu oleskan pada kulit kepala seperti penggunaan hair tonic sesudah keramas. Kadang-kadang, madu juga dicampur dengan bahan lain sebelum di oleskan ke kulit rambut. Bahan-bahan tersebut antara lain minyak zaitun, minyak almond, maupun minyak rosemary.
c. Perawatan Rambut Dengan Minyak Kemiri
Minyak kemiri berkhasiat untuk menghitamkan, mengilaukan, dan melebatkan rambut. Dengan kemiri, rambut menjadi lebih cepat panjang dari biasanya. Untuk memperoleh minyak kemiri tidaklah sulit. Caranya begini, sangrailah kemiri lalu haluskan. Kemudian peras sampai minyak keluar, lalu usapkan pada kulit kepala. Lakukan ini sambil memijat kulit kepala. Biarkan agak lama. Baru keramas seperti biasa. 3-5 biji kemiri cukup untuk satu kepala. Seperti madu, kemiri juga lazim dicampurkan dengan bahan lain, misalnya santan kelapa.
d. Perawatan Rambut Dengan Alpukat
Alpukat kaya dengan vitamin B6, A dan E. Oleh sebab itu, buah berdaging hijau dan kekuningan ini baik digunakan untuk memelihara kelembapan rambut kering. Mula-mula haluskan daging buah alpukat lalu oleskan di kulit kepala. biarkan antara 15 hingga 20 menit. Baru setelah itu keramas. Sama halnya dengan beberapa bahan alami lain, alpukat pun bisa digunakan dengan campuran bahan alami lain, seperti minyak zaitun, minyak almond ataupun santan.
e. Perawatan Rambut Dengan Minyak Kelapa
Kandungan minyaknya tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai pelembab rambut. Minyak kelapa digunakan dengan cara dioleskan langsung ke rambut. Dari bagian pangkal rambut hingga ujung rambut. Gunakan juga dengan cara memijat perlahan di kulit kepala.
f. Perawatan Rambut Dengan Telur
Kandungan protein dan lemak yang terkandung dalam telur baik digunakan untuk menyuburkan, mengangkat lemak yang menempel pada rambut, juga melembabkan rambut. Untuk rambut berminyak, gunakan putih telurnya saja lalu oleskan pada rambut yang sudah dibasahi. Sedangkan untuk rambut kering, gunakan kuning telurnya, dan untuk rambut normal gunakan seluruh telur.
g. Perawatan Rambut Dengan Seledri
Seledri sejak lama di gunakan untuk menyuburkan rambut. Haluskan seledri lalu gosokkan perasan cairannya pada kulit kepala sambil di pijat-pijat. Setelah di diamkan sekitar satu jam dan dibungkus dengan shower cap, keramaslah seperti biasa (Nova).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :