Khasiat Teh Dan Manfaat Teh Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Khasiat Teh dan Manfaat Teh Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Teh tidak hanya menyegarkan bila diminum, tapi juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Berikut ini manfaat teh diantaranya adalah:
a. Penyubur Rambut
Tanin yang terkandung dalam teh mampu menyuburkan rambut, sehingga cocok digunakan untuk rambut yang mudah rontok dan tipis.
Caranya :
Seduh teh tradisional tanpa tambahan rasa, dua hingga tiga sendok makan dengan air panas, dan biarkan semalaman. Keeseokan paginya, saring hingga ampasnya saja yang tertinggal. Kemudian aplikasikan air teh yang sudah disaring tersebut pada kulit kepala secara merata. Aplikasikan seperti menggunakan hair tonic, yaitu dengan cara menepuk-nepukkan pada kulit kepala agar air teh meresap. Diamkan selama 15 menit, kemudian keramas seperti biasa.
b. Menghilangkan Bau Badan
Teh hijau kaya akan vitamin dan asam yang mampu mengusir bau badan tidak sedap. Kemampuan tersebut semakin kuat bila dicampur dengan bahan herbal.
Caranya :
Seduh segenggam teh hijau kedalam wadah berukuran besar. Selagi panas, tambahkan kelopak bunga mawar sebanyak dua hingga tiga kuntum. Diamkan semalaman. Keesokan paginya, saring air rendaman tadi, tuang air hasil saringan tersebut kedalam bath tub. Tambahkan air secukupnya dan gunakan untuk berendam. Senyawa dalam teh akan mengurangi bau badan yang kurang sedap dan bunga mawar memberikan kesegaran alami.
c. Mengurangi Kerutan di Sekitar Mata
Teh mengandung polifenol yang merupakan antioksidan alami, yang mampu menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan dini, seperti kerutan disekitar mata.
Caranya :
Ambil dua bungkus teh celup yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian masukkan kedalam lemari es selama lima menit. Setelah itu ambil dan gunakan untuk mengompres area sekitar mata, yang terdapat kerutan. Diamkan selama 10-15 menit, angkat dan basuh wajah dengan air bersih.
d. Pembersih Wajah Alami
Bila dicampur dengan kubis, teh dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, bahan tersebut juga memberikan antioksidan yang cukup tinggi untuk kulit.
Caranya : 
Ambil segenggam kubis yang telah dicincang. Rebus bersama air satu gelas, biarkan mendidih hingga airnya tinggal setengah. Angkat dan tuang airnya saja ke dalam wadah khusus. Tambahkan secangkir air teh hijau serta satu sendok teh cuka. Aduk-aduk, kemudian masukkan ke dalam botol. Diamkan semalaman, keesokannya gunakan untuk mencuci wajah. Niscaya kulit wajah akan segar dan cerah.
e. Menangkal Radiasi Sinar Ultraviolet Matahari
Khusus untuk teh hijau mengandung banyak antioksidan, melebihi vitamin C dan E. Teh hijau juga mengandung fitoproteksi yang mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet matahari yang merusak sel-sel kulit. Karena itulah, ekstrak teh hijau banyak digunakan sebagai bahan pembuat kosmetik. Tapi, andapun bisa memanfaatkan teh hijau untuk kecantikan secara alamiah.
Caranya :
Seduh dua hingga tiga sendok makan teh hijau tubruk (bukan teh celup). Biarkan seduhan hingga dingin. Setelah itu, saring dengan menggunakan kain tipis. Gunakan air hasil saringan tersebut untuk mengompres area tubuh tertentu yang bakal tersengat matahari. Biarkan selama 10 menit, angkat, biarkan kering alami kemudian tumpuki tabir surya (Cantiq).    

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :