Faktor Pemicu Atau Pencetus Varises (Varicose Vein)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Meski memiliki faktor genetik atau turunan, seseorang tidak akan terkena varises jika tidak ada faktor pemicu atau pencetus varises. Faktor pemicu atau pencetus tersebut antara lain :
a. Obesitas
Orang yang obesitas atau kegemukan memilki resiko lebih tinggi untuk terkena varises ketimbang yang tidak. Itu karena penderita obesitas kurang bergerak dan malas berolahraga, sehingga menyebabkan pembuluh darah vena kurang mampu memompa darah secara optimal. Akibatnya, aliran darah secara keseluruhan tidak lancar, dan terjadilah penggumpalan dan pembengkakan pembuluh darah. Diabetes dan kolesterol yang berhubungan erat dengan obesitas dan masalah peredaran darah juga mengakibatkan terjadinya varises.
b. Terlalu Lama Duduk atau Berdiri
Duduk dalam jangka waktu lama berarti otomatis aktivitas berkurang. Apalagi jika kaki ditekuk saat duduk, sehingga pembuluh darah menjadi kurang lancar. Begitu juga ketika berdiri terlalu lama, kaki yang menopang berat badan bekerja terlalu keras, sehingga pembuluh vena akan terlalu payah dalam menjalankan tugasnyya mengalirkan darah. Terlalu lama berdiri juga menyebabkan ketegangan otot, sehingga peredaran darah jadi kurang lancar. Selain itu, dalam posisi berdiri, gaya gravitasi menyebabkan darah cenderung mengalir kebawah. Sehingga dibutuhkan pembuluh darah yang kuat untuk memompa darah dari kaki kembali kejantung. Tapi jika tidak, darah tidak bisa mengalir dengan baik dan timbul varises ditempat-tempat peredaran darah tersebut tertahan.
c. Hormonal
Varises juga bisa terjadi karena faktor hormonal. Misalnya, pada ibu hamil. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen, ditambah pertambahan berat badan saat hamil, akan membebani kaki, sehingga menyebabkan aliran darah dari kaki, tungkai, pangkal paha dan perut bagian bawah pun terhambat. Begitupun pada perempuan yang mengonsumsi obat-obatan hormonal, seperti pil KB, memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami varises.
d. Merokok
Merokok bisa memicu terjadinya varises, karena rokok mengandung zat-zat berbahaya yang menyebabkan pembuluh darah jadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga pembuluh darah tidak elastis lagi.
e. Menderita Penyakit Tertentu
Menderita penyakit tertentu, seperti kolesterol tinggi dan kencing manis, juga menyebabkan terjadinya masalah peredaran darah, kelainan pembuluh darah dan kegemukan, yang memicu terjadinya varises.
f. Sering Pakai High Heels
Memakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi membuat gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal. Akibatnya, kerja pembuluh darah juga lebih berat dan ini memacu darah tertahan pada bagian tertentu yang menyebabkan varises.
g. Flat Foot (Kaki Datar)
Flat Foot atau kaki datar adalah kelainan bentuk kaki yang tidak memiliki lengkungan di telapak kakinya (archus). Pada seseorang yang memiliki kaki datar, ketika berjalan kakinya akan menopang tubuh terlalu keras, sehingga pembuluh darah akan bekerja ekstra keras ketika terjadi penekanan berat tubuh di kaki. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya varises pada orang dengan kelainan flat foot (Cantiq).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :