Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Menarik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mebel kayu banyak dipilih orang untuk perabot rumah. Selain kuat, mebel kayu juga menghadirkan kesan klasik, tradisional, atau hangat. Namun, karena usia, mebel kayu bisa berubah kusam dan tidak menarik lagi karena noda, cairan, kotoran, dan cuaca. Untuk itu perlu dirawat dengan tepat dan teratur.
Dengan perawatan yang baik, furnitur kayu akan tahan lama dan tampilan menarik. Sehingga, dekorasi ruang pun selalu enak dipandang.
furniturBerikut beberapa cara merawat furnitur kayu yang diambil dari beberapa sumber.
1. Hindari Matahari
Untuk menjaga kualitas bahan dan warna, furnitur hendaknya ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika terlalu sering dan lama terkena sinar matahari, warna furnitur akan memudar dan kualitas bahannya menurun. Itu disebabkan karena kayu mampu melengkung atau menyusut bila terlalu sering terkena matahari.
2. Penempatan Furnitur
Sebaiknya beri jarak yang cukup antara furnitur dengan dinding atau perabot lain. Jarak yang disarankan setidaknya 5 cm. Tujuannya, agar furnitur tidak lembab karena meterial kayu yang lembab berpotensi ditumbuhi jamur.
3. Bersihkan Furnitur
Menjaga kebersihan furnitur sangat penting, lakukanlah secara rutin paling tidak seminggu sekali.
Peralatan yang dibutuhkan yaitu, kuas, kain, dan cairan khusus. Kuas digunakan untuk menyapu bagian berdebu yang sulit dijangkau dengan kain. Setelah debu dibersihkan, semprotkan cairan pelapis kayu atau pledge pada permukaan furnitur. Gosok menggunakan kain ball bagian yang sudah disemprot hingga tampilan kayu kembali mengkilat. Lalu biarkan hingga kering. Untuk perawatan harian, cukup bersihkan debu debu halus dengan kemoceng.
Jika menginginkan furnitur tahan lama gunakan cat vernis.---sumber Suara Merdeka---
(Rekomendasi saya vernis "Cap Boyo" dari Avian, sangat bagus dan tahan lama").

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :