Tips Aman Beli Barang Online di OLX

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tips Aman Beli Barang Online di OLX
Sekarang ini segala urusan sudah sangat mudah sekali...termasuk urusan belanja. Kita tinggal klik barang yang kita inginkan sudah bisa terpesan. Berbelanja online memang mudah tapi cara belanja ini rawan penipuan. Karena memang di dunia maya ini banyak sekali penipu bergentayangan.
olx
Jika anda berbelanja online anda musti lihat dulu reputasi penjual atau perusahaan. Misalnya Lazada, Zalora sudah pasti terpercaya, anda pesan, bayar, pasti barang sampai rumah.
Nah untuk OLX sendiri memang memiliki reputasi tinggi, siapa yang tidak kenal OLX coba...dari kolong desa ampe kota pasti kenal...ya kan...
Namun di OLX anda harus hati-hati, OLXnya sich ciamik tapi para penjualnya yang nimbrung tidak sedikit adalah penipu.
Meskipun di OLX ada saja penjual dengan modus penipuan, tapi bagi saya OLX adalah rujukan pertama saya. Terutama jika saya ingin membeli barang bekas misalnya mobil, motor, elektronik dll. 
Berikut ini dari saya agar anda aman belanja di OLX :
1. Pastikan barang yang anda inginkan ada foto detail barang.
2. Kontak penjual harus anda cek. Cukup copy no telponnya trus pastekan aja ke google. Jika clear tanpa ada indikasi penipu berarti oke.
3. Jika deal bisanya anda akan dikasih no rekening transfer, model transaksi dengan transfer ini biasanya penipuan..jadi sebaiknya hindari...pilih transaksi langsung.
4. Tanyakan alamat rumah...datang aja langsung kerumah penjualnya untuk nego. Jangan tergiur dengan iklan perseorangan yang memberikan alamat lengkap di detail iklan...biasanya alamat itu palsu.
5. Hindari harga yang terlalu murah dari pasaran...ini umumnya adalah salah satu modus penipuan. Tapi untuk sekedar iseng tidak mengapa anda kontak penjualnya siapa tau anda beruntung bertemu penjual yang butuh uang.
6. Jika anda menghubungi penjual baik itu telpon atau sms, trus dijawab "posisi saya luar kota, jika anda berminat kami bisa mengirimkan, tapi DP ditransfer" ini bisa dipastikan modus penipuan.
7. Jika sekilas anda langsung tertarik dengan barang, harga, dan detail yang di posting anda patut hati-hati karena memang para penipu cukup lihai urusan menarik perhatian dengan tampilan iklannya.
Kuncinya gampang kok agar aman berbelanja di OLX adalah harga yang ditawarkan normal pasaran...penjual juga bisa diajak ketemuan, sekali lagi jangan sekali-kali anda transfer sbelum lihat barang dan ketemu penjualnya langsung.
Oke cukup sekian, selamat berbelanja di OLX...tapi hati-hati ya.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :