Prinsip Komunikasi Efektif dan Hambatan-Hambatan dalam Komunikasi
Secara umum komunikasi yang efektif hendaknya memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Memenuhi syarat 5 C : Complete, Clear, Consice, Correct, Courteous
2. Antara komunikator dan komunikan hendaknya mempunyai hubungan yang baik, wajar dan saling mempercayai
3. Bersifat timbal balik
4. Bersifat terbuka dan tidak dibuat-buat
Hambatan-hambatan dalam Komunikasi menurut J. William Pfreffer adalah :
1. Kepentingan diri sendiri
Kepentingan diri sendiri yang memenuhi pikiran dan perasaan seorang komunikator, akan menjadi kurang ditangkapnya komunikasi itu oleh komunikan,.
2. Emosional
Seorang komunikator yang sedang marah maka komunikasi akan menjadi sulit karena komunikator akan memilih kata-kata yang tajam sedangkan komunikan menafsirkan pesan sebagai serangan.
3. Karisma
Komunikator yang memiliki karisma dapat menyampaikan komunikasi dengan cara yang sangat menarik sehingga membuat komunikan terpukau, akibatnya komunikan tidak mengerti apa yang didengarnya.
4. Pengalaman yang lampau
Pengalaman lampau yang negatif dapat menghalangi komunikasi, karena sudah ada prasangka.
5. Kejelasan Ucapan
Ucapan yang kurang jelas akan menghalangi komunikasi karena komunikan tidak mengerti isi pesan yang disampaikan oleh komunikator.
6. Stereotip
Stereotip adalah gambaran tertentu mengenai pribadi seseorang yang bersifat negatif.
7. Lingkungan Fisik
Contohnya lingkungan yang berisik makan dapat menghalangi komunikasi.
8. Pikiran Melayang
Pikiran melayang membuat tidak konsentrasi sehingga menghalangi komunikasi.
9. Hubungan antara komunikator dan komunikan
Hubungan tersebut akan mempengaruhi komunikasi apabila perhatian lebih tertuju pada sifat hubungan itu dari pada isi komunikasinya.
10. Status
Seorang pejabat biasanya akan sulit berkomunikasi dengan bawahannya.
11. Gangguan Teknis
Contohnya telepon yang mengalami gangguan maka akan menghalangi komunikasi.