Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Definisi Sikap adalah kecenderungan penilaian positif atau negatif, perasaan emosional dan kecenderungan pro dan kontra terhadsp obyek sosial.
sikap
Menurut winkel sikap adalah kecenderungan untuk menerima atau menolak suatu obyek berdasarkan penilaian terhadap tersebut. Apabila obyek yang dinilai berguna maka cenderung bersifat positif, sebaliknya jika tidak berguna cenderung bersifat negatif.
Sikap menurut Mar,at (1984) adalah merupakan kumpulan dari berpikir, keyakinan dan pengetahuan, namun memiliki evaluasi negatif maupun positif.
Sikap biasanya memainkan peranan utama dalam membentuk perilaku. 
Sikap menurut Schifman dan Kanuk adalah ekspresi perasaan (inner feeling) yang mencerminkan apakah seseorang senang atau tidak senang, suka atau tidak suka dan setuju atau tidak setuju terhadap suatu obyek.
Menurut Alport sikap adalah sebagai predisposisi yang dipelajari (learned predisposition) untuk merespon suatu obyek dalam suasana menyenangkan atau tidak menyenangkan secara konsisten.
Menurut Paul dan Olson sikap adalah evaluasi konsep secara menyeluruh yang dilakukan oleh seseorang.

Sumber :
Suroto, 2010, Persepsi Masyarakat Pesantren Terhadap Amandemen UUD NRI Tahun 1945, Jurnal Konstitusi Volume II Nomor 1, Juni 2010.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :