Istilah Motivasi berasal dari bahasa latin "Movere" yang berarti menggerakkan.
Pengertian Motivasi menurut Wlodkowski (1985) adalah suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut.
Pengertian Motivasi menurut Ames dan Ames (1984) adalah perspektf yang dimiliki seseorang mengenai dirinya sendiri dan lingkungannya.
Pengertian Motivasi menurut Cropley (1985) adalah tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu.
Dari berbagai teori yang berkembang, Keller (1983) telah menyusun seperangkat prinsip-prinsip motivasi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, yang disebut sebagai model ARCS.
1. Perhatian (Attention)
2. Relevansi (Relevance)
3. Kepercayaan Diri (Confidence)
4. Kepuasan ((Satisfaction)
Sumber :
Suciati dan Prasetya Irawan, 2005, Teori Belajar dan Motivasi, Buku Pekerti, Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,Jakarta.