Istilah Asas Dalam Hukum Pidana

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Berikut ini tentang beberapa pengertian istilah asas-asas dalam hukum pidana, yaitu asas legalitas, asas nasionalitas aktif, asas nasionalis pasif, asas retroaktif, asas teritorial, asas transitoir, dan asas universal.
1. Asas legalitas
Pengertian asas legalitas adalah asas yang menentukan bahwa tiada seorangpun dapat dipidana atau dikenakan tindakan, kecuali perbuatan yang dilakukan telah ditetapkan sebagai tindak pidana dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku pada saat perbuatan itu dilakukan.
2. Asas nasionalis aktif
Pengertian asas nasionalis aktif adalah peraturan perundang-undangan pidana Indonesia berlaku bagi setiap warga negara Indonesia yang melakukan tindak pidana di luar wilayah Indonesia.
3. Asas nasionalis pasif
Pengertian asas nasionalis pasif adalah peraturan hukum pidana Indonesia berlaku terhadap tindak pidana yang menyerang kepentingan hukum negara Indonesia, baik dilakukan oleh waega negara Indonesia atau yang tidak dilakukan di luar Indonesia.

4. Asas retroaktif
Pengertian asas retroaktif adalah dasar yang menjadi tumpuan pemberlakuan suatu aturan secara surut atau mundur terhitung sejak tanggal diundangkannya.
5. Asas teritorial
Pengertian asas teritorial adalah asas yang menitikberatkan pada tempat atau teritorial terjadinya tindak pidana.
6. Asas transitoir
Pengertian asas transitoir adalah asas yang menentukan berlakunya suatu aturan hukum pidana dalam hal terjadi atau ada perubahan undang-undang.
7. Asas universal
Pengertian asas universal adalah asas yang menitikberatkan pada jenis perbuatan (pidana) yang sedemikian rupa sifatnya sehingga setiap negara berkewajiban untuk menerapkan hukum pidana, tanpa memandang siapa yang berbuat delik, dimana dan terhadap kepentingan siapa pelaku delik melakukannya.

Sumber :
Mahrus Ali, 2011, Dasar-Dasar Hukum Pidana, Sinar Grafika, Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :