Pengertian Katarak dan Penyebab Katarak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyebab Kebutaan terbesar pada lansia adalah katarak, yaitu 60-70%. Padahal, dengan penanganan yang tepat maka katarak dapat disembuhkan dan penglihatanpun akan kembali seperti sedia kala.
Katarak atau Cataract adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak Senilis adalah katarak yang terjadi karena proses degeneratif dan biasanya terjadi pada usia pada usia 60 tahun keatas.
Penyebab Katarak
Tak bisa dipungkiri, katarak sudah menjadi mimpi buruk bagi para lansia. Walaupun sebagian besar katarak memang terjadi karena proses degeneratif yang umumnya terjadi pada usia lanjut yaitu pada usia 60 tahun keatas.
Katarak juga dapat terjadi pada bayi yang disebut katarak kongenital karena sang ibu telah terinfeksi virus pada saat hamil muda.
Katarak juga disebabkan oleh penyakit sistemik misalnya diabetes mellitus atau kencing manis, penggunaan obat tertentu khususnya steroid dalam dosis tinggi dan jangka waktu panjang, mata yang terkena sinar matahari atau Ultra Violet dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa adanya pelindung, pernah melakukan operasi ataupun trauma dan kecelakaan pada mata.(Dokter Kita).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :