Panu dan Cara Pengobatannya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyebab Panu atau Pitiriasis Versicolor adalah jamur dengan genus Malassezia terutama Malassezia Globoza dan Malassezia furfur. Ia menyebabkan perubahan warna pada kulit, baik menjadi lebih cerah atau lebih gelap dibandingkan kulit disekitarnya.
Daerah yang paling banyak terkena panu adalah area bahu, punggung, dan dada. Terkadang panu juga dapat mengenai daerah lipatan, misalnya lipatan tangan dan lipatan pangkal paha.
Bercak panu terkadang dapat menimbulkan rasa gatal ringan, pada perkaannya dapat tampak sisik halus yang merupakan bagian dari jamur.
Cara pengobatan panu pada umumnya sama dengan Pengobatan Kurap yaitu dengan menggunakan obat anti jamur.
Selain golongan azol dan alilamin, dapat juga diberikan obat topikal yang mengandung selenium sulfida, natrium sulfasetamid, atau siklopiroksolamin.
Obat dioleskan setiap hari selama sedikitnya 2 minggu. Pada kasus yang berulang, dapat diberikan setiap minggu selama beberapa bulan.
Terapi juga dapat dilakukan secara per oral atau tablet, yang biasanya lebih disukai oleh penderita, karena lebih nyaman dan tidak memakan waktu.
Obat oral yang digunakan umumnya berasal dari golongan azol. Terapi ini juga dapat diberikan untuk mencegah berulangnya infeksi jamur panu.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :