Pajak Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pajak Sebagai Sumber Pendapatan Negara ditulis oleh : Kartika Ratri 
Pajak adalah iuran masyarakat kepada negara yang wajib dibayar menurut undang-undang.
Pajak yang sudah dipungut oleh negara akan digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum. Selain itu pajak berperan penting dalam kehidupan bernegara , khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak juga sumber pendapatan negara.
Peran pajak yang demikian besar tentu saja memerlukan kerjasama dari berbagai elemen masyarakat. Masyarakat Indonesia harus sadar akan wajib pajak . Karena saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan wajib pajak. Mereka bisa menikmati hasil pembangunan tanpa membayarkan pajak.
Untuk itu pemerintah hendaknya mengadakan berbagai program untuk menggugah kesadaran masyarakat atas kewajiban membayar pajak sebagai warga negara.
Negara pun harus bertanggung jawab mengelola uang pajak dengan baik dan sesuai fungsinya. Jangan sampai kesadaran masyarakat untuk membayar pajak hilang karena terdapat kasus korupsi oleh para pegawai perpajakan.
Seperti terungkapnya kasus Gayus Tambunan, Bahasyim dan Dhana Widyatmika yang telah merusak kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak. Masyarakat takut uang yang telah dibayarkan akan dinikmati sendiri oleh para petugas pajak.(85)

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :