Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia ditulis oleh : Umilayinatus Shofiah 
Bahasa adalah alat komunikasi antar individu atau antar anggota masyarakat melalui alat ucap dan mengandung makna.
Sedangkan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang ada di Negara Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari mulai dari interaksi individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok maupun yang meluas pada kehidupan berbangsa dan bertanah air, bahasalah yang paling utama.
Bahasa dapt digunakan sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan interaksi antar anggota dalam masyarakat. Didalam masyarakat seorang individu akan berusaha untuk beradaptasi dengan bahasa yang ada di lingkungannya.
Proses adaptasi itu dapt berfungsi untuk dapat mengidentifikasikan dirinya pada kelompok bagaimana kepribadian individu tersebut. Misalnya jika bahasa yang ia gunakan terkesan keras dari kata-kata yang ia ucapkan maka orang lainpun akan menganggap individu tersebut juga berasal dari daerah yang masyarakatnya cenderung bersifat keras.
Pada era modern ini bahasa Indonesia lebih sering digunakan daripada bahasa daerah masing-masing. Bahasa Indonesia juga selalu digunakan pada kegiatan-kegiatan resmi dan tidak resmi seperti kuliah dan pertemuan-pertemuan lain. Meskipun masih saja terdapat daerah yang kental dengan bahasa daerahnya seperti Jawa dengan dialek Banyumasnya.
Padahal dengan berbahasa Indonesia itu penting lho.. Misalnya, jika kita bertemu dengan seseorang dari daerah lain kita bisa berinteraksi lho, ya bisa mempersatukan kita yang sesama Warga Negara Indonesia begitu lah…. Oleh karena itu, hendaknya kita mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak sedini mungkin agar mereka mengetahui pentingnya berbahasa Indonesia.(90).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :