Manfaat Olive Oil / Minyak Zaitun

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Olive Oil atau Minyak Zaitun mengandung banyak komponen atau zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jadi tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi olive oil untuk menjaga kesehatan tubuh.
Sebelum menjelaskan tentang manfaat Olive Oil, alangkah baiknya jika kita mengenal tanaman olive atau zaitun yang menghasilkan minyak dengan manfaat luar biasa ini. Tanaman zaitun banyak tumbuh didaerah Mediterania seperti Maroko, Spanyol, Perancis dan Italia.
Tanaman zaitun merupakan tanaman yang mampu hidup dan tumbuh di lahan yang gersang, biasanya akan berbunga pada musim semi, yang kemudian buahnya akan dipanen pada akhir musim gugur sampai musim dingin.
Buah zaitun yang masih mentah akan berwarna hijau terang, dan akan berubah warna menjadi ungu kehitaman jika sudah matang. Dari buah yang diekstrak inilah maka didapatkan atau dihasilkan Olive Oil atau Minyak Zaitun.
Berikut ini kandungan dan manfaat Olive Oil atau Minyak Zaitun yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh :
1. Mengandung Squalene
Konsentrasi squalene ini sekitar 2.500 hingga 9.250 mikrogram per gram olive oil. Kandungan squalene sangat bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus atau kencing manis. Squalene adalah bahan baku hormon insulin dan juga memperkuat dan memperbaiki kelenjar pankreas. Oleh karena itu olive oil dapat membantu menyembuhkan diabetes mellitus atau kencing manis.
2. Mengandung Antioksidan
Zat ini dapat memerangi LDL kolesterol penyumbat arteri yang menyebabkan penyakit jantung. Jadi tidak mengherankan bahwa masyarakat daerah Mediterania yang banyak mengkonsumsi olive oil jarang berpenyakit jantung.
3. Mengandung Vitamin E dan Monounsaturated
Zat ini bermanfaat sekali untuk meremajakan kulit, menjaga kelembaban kulit dan menjaga kelenturan kulit.
4. Menganduung Asam Linoleat
Asam Linoleat ini ada dalam Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kanker.
Demikianlah tentang berbagai Kandungan dan Manfaat Olive Oil atau Minyak Zaitun, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :