Kebiasaan Anak Minum Susu Botol Sambil Tidur

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebiasaan Buruk Anak yang berpengaruh terhadap Kesehatan Gigi selain Mengisap Jari adalah Kebiasaan Minum Susu Botol Sambil Tidur, kebiasaan ini biasanya dilakukan anak usia 1-3 tahun sebagai penghantar tidurnya bahkan sampai tidurpun anak masih ngenyot susu botolnya.
Apa akibat dari minum susu botol sambil tidur...?
Akibat kebiasaan buruk anak ini, maka berpotensi besar menyebabkan karies dini yang biasa disebut dengan istilah Nursing Bottle Syndrome, Baby Bottle Syndrome, Nursing Caries, Night Bottle Syndrome dan lain sebagainya.
Susu formula biasanya ditambahkan sukrosa atau laktosa, adalah karbohidrat yang dapat dipermentasi oleh bakteri mulut (misalnya streptococcus mutans) menjadi asam. Karena pada saat anak tertidur kuantitas saliva ini berkurang maka akan membuat susu yang dikenyot dari botol akan menumpuk dan menggenangi gigi. Yang selanjutnya akan dimanfaatkan oleh bakteri rongga mulut yang berakibat pada karies atau gigi berlubang.
Karies pada anak usia dini memperlihatkan pola dan ciri khas, dimana awal permulaannya yang terkena karies adalah empat gigi seri atas, yang kemudian berlanjut pada gigi-gigi geraham dan gigi taringnya, selanjutnya yang terakhir biasanya karies baru menyerang gigi seri depan. Penyakit gigi yang paling dominan dan paling banyak diderita oleh anak-anak usia dini adalah Rampan Karies, adalah karies atau gigi berlubang pada seluruh gigi sulung anak.
Memang untuk anak usia dini ini sangat rentan terserang karies, meskipun kadang kita sebagai orang tua sudah berusaha menjaga kebersihan gigi sikecil. Menurut hemat saya, jika terjadi kerusakan gigi anak bahkan sampai menyebabkan keluhan sakit maka segeralah periksakan gigi anak ke dokter gigi spesialis anak, karena bisa saja akibat keluhan gigi yang diderita anak akan dapat mengganggu kesehatan dan perkembangan anak

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :