Sejarah Periodontologi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Periodontologi atau Definisi Periodontologi adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang secara khusus mempelajari pengetahuan mengenai jaringan gusi, tulang penyangga gusi dan jaringan ikat disekitar gigi dalam keadaan sehat dan sakit, termasuk melakukan cara pencegahan dan perawatan penyakitnya. Untuk selanjutnya penyakitnya disebut dengan penyakit periodontal.
Dalam segala bentuk sebenarnya penyakit ini secara terbatas telah dikenal manusia sejak prasejarah. Studi dalam paleopatologi menjelaskan bahwa penyakit periodontal dengan tanda-tanda kehilangan tulang telah menyerang manusia dari berbagai macam suku bangsa dan kebudayaan, seperti antara lain yang ditemukan pada orang-orang Mesir purba dan penduduk asli Amerika pra Colombus. 
Praktek-praktek mengenai pencegahan penyakit ini telah dibuktikan semenjak 3000 tahun SM di Sumeria, dengan bukti ditemukannya peninggalan kuno berupa tusuk gigi emas yang sampai sekarang masih dimanfaatkan. Pada hampir semua tulisan zaman dahulu yang dapat diselamatkan ditemukan banyak bab yang menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan penyakit periodontal. Hubungan antara karang gigi dan penyakit periodontal sering dibahas tetapi belum ada data-data mengenai plak, yang sekarang dibuktikan merupakan faktor utama terjadinya penyakit periodontal. Pembahasan mengenai penyebab dan metode perawatannya baru muncul pada abad pertengahan.
Pada permulaan abad 20 ini mulai bermunculan para klinisi dan ahli yang meminati bidang periodontologi yang ternyata sifatnya sangat kompleks. Dewasa ini perkumpulan dokter gigi yang berminat di bidang periodontologi telah banyak terbentuk di seluruh dunia, antara lain International Academy of Periodontology. Yang bersifat regional terbentuk di Eropa (Euro Perio) dan Asia Pasifik (APSP). Beberapa anggota IPERI juga telah menjadi anggota dan berpartisipasi aktif di British Society of Periodontology (BSP) dan Asian Pacific Society of Periodontology (APSP).
Untuk mendapatkan gambaran bagaimana perkembangan periodontologi dewasa ini pada tahun 1992 telah diselenggarakan International Conference on Periodontal Research (JCPS) di Jepang dengan tema Patogenic Feature of Host Responses and Their Use in Diagnostic Strategies. Pembahasannya meliputi "Bacterial Phatogenesis", "Immunopathogenesis" (cellular dan molecular) "Clinical Diagnostic Strategies" dan "Periodontal Tissue Regeneration" (cellular dan molecular biology). Semua pengetahuan yang disebutkan diatas jelas merupakan bukti bagaimana sejarah periodontologi telah berkembang dengan pesat. International Conference of Periodontal Reserach ini sampai sekarang masih diselenggarakan secara periodik, demikian juga dengan Uero Perio dan ASPS Meeting.
Sumber Tulisan :
S.W. Prayitno, Menyongsong Perkembangan dan Peran Periodonsia Dalam Indonseia Sehat 2010, Jurnal Kedokteran Gigi Indonesia PDGI, Journal of the Indonesian Dental Association, Edisi Nomor 4 Tahun Ke 49 Desember 1999.  

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :