Tips Mengatasi Tidur Mendengkur (Snoring)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tidur mendengkur merupakan hal yang lumrah terjadi, bahkan menurut penelitian hampir separoh orang dewasa mendengkur dalam tidurnya. Meskipun mendengkur merupakan hal yang lumrah namun akan sangat mengganggu jika suara dengkuran terdengar keras sekali.
Snoring
Mendengkur ketika tidur juga dapat membuat malu kita, misalnya terdengar oleh orang banyak disekitar kita. Bagaimana cara mengatasi tidur mendengkur ini...? Ada beberapa tips dan kiat yang patut anda coba jika anda mengalami hal ini.
Cara mengatasi tidur mendengkur antara lain dengan :
1. Mengubah Posisi Tidur
Jika kita perhatikan banyak kasus tidur mendengkur biasanya ketika tidur terlentang, karena pada posisi terlentang yang bersandar pada punggung ini, dapat menyebabkan bagian belakang lidah dan langit-langit menutup udara ke tenggorokan, sehingga mudah menyebabkan dengkuran. Ada baiknya jika anda tidur mendengkur pada posisi ini untuk mencoba mengubah posisi tidur dengan posisi miring. Memang mengubah posisi tidur tidaklah mudah, karena kebiasaan yang berlangsung lama tidak akan mudah kita ubah seketika. Biasanya kita merasa tidak nyaman jika mengubah posisi tidur yang telah menjadi kebiasaan kita. Agar lebih nyaman anda dapat menggunakan bantal atau guling untuk menjaga posisi tubuh sehingga lebih nyaman.
Misalnya yang saya alami, kebiasaan buruk saya adalah tidur tengkurap, susah rasanya tidur selain posisi tengkurap, mau terlentang juga tidak bisa sama sekali, akhirnya saya tidur miring dengan meluk guling sehingga yang terasa adalah sensasi seperti tidur tengkurap, padahal tidur miring dengan guling.
2. Istirahat Yang Cukup
Pekerjaan banyak yang menyita waktu biasanya akan membuat jam tidur sangat sedikit, ditambah rasa letih dan capek di badan, jika sudah demikian biasanya tidur akan sangat nyenyak dan akan mendengkur meskipun kita tidak memiliki kebiasaan mendengkur. Saya pernah naik gunung, badan sangat capek, tidurpun juga sangat sedikit karena semaleman naik menuju puncak, ketika sampai puncak dan badan sudah lemas akhirnya diatas rerumputan saya tertidur sangat pulas, dan kata rekan-rekan ketika tidur ternyata saya mendengkur alias ngorok. Pada saya tidak memiliki kebiasaan ngorok jika tidur normal.
3. Minum Air Putih Sebelum Tidur
Kurangnya cairan akan menyebabkan langit-langit rongga mulut dan cairan pada hidung menjadi lengket dan tebal, sehingga keadaan ini dapat menjadi penyebab tidur mendengkur. Alangkah baiknya jika sebelum tidur anda minum air putih terlebih dahulu.
4. Bersihkan Tempat Tidur
Tempat tidur kita yang terdiri dari bantal, guling dan kasur berpotensi untuk menjadi tempat benda-benda penyebab alergi, misalnya debu dan lain-lain. Jika benda-benda penyebab alergi ini terhirup oleh hidung ketika tidur, maka akan terjadi reaksi alergi yang dapat menyebabkan dengkuran. Jadi bersihkan selalu tempat tidur anda, berilah sarung bantal dan guling sekaligus sprei kasur, dan jagalah tempat tidur anda selalu bersih.
Demikianlah Tips Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :