Jenis dan Macam Perusahaan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pelaku ekonomi yang berperan sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi antara lain adalah perusahaan. Perusahaan dalam kegiatan ekonomi merupakan pelaku produksi yang dominan dalam menentukan arah kegiatan ekonomi karena perusahaan mampu menentukan harga, mampu menentukan pasar dan mampu mengendalikan produksi.
Jenis dan macam perusahaan ada 5 yaitu :
1. Perusahaan Ekstraktif
Pengertian perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang memanfaatkan secara langsung kekayaan sumber daya alam dalam bidang usaha dan kegiatan ekonominya. Perusahaan ekstraktif ini melakukan eksplorasi dan pengolahan bahan-bahan produksi yang di dapat dari alam. Contoh perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, misalnya perusahaan milik Amerika Serikat yaitu PT Freeport. Dalam menjalankan kegiatan usaha dan ekonominya, PT Freeport melakukan penambangan dan pengolahan emas di Papua.
2. Perusahaan Agraris
Pengertian perusahaan agraris adalah perusahaan yang mengolah sumber-sumber produksi dari alam dalam bidang usaha dan kegiatan ekonominya. Contoh perusahaan Agraris adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pertanian, misalnya PT Perkebunan Nusantara.
3. Perusahaan Industri
Pengertian perusahaan industri adalah perusahaan yang mengolah bahan produksi mentah menjadi barang produksi setengah jadi maupun bahan produksi jadi. Contoh perusahaan industri adalah perusahaan yang begerak dalam bidang tekstil, misalnya PT Apac Inti Corpora.
4. Perusahaan Dagang
Pengertian perusahaan dagang adalah perusahaan yang usaha dan kegiatan ekonominya bergerak dalam bidang jual beli barang tanpa mengolah barang yang diperjual belikan. Contoh perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan buku, misalnya PT Gramedia Asri Media.
5. Perusahaan Jasa
Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang usaha dan kegiatan ekonominya bergerak dalam penjualan atau penyediaan jasa. Contoh perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keamanan, misalnya PT Cakra Mandiri.
Cukup sekian penjelasan saya tentang Jenis dan Macam Perusahaan...semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :