Pasang Surut Air Laut

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Pasang Air Laut adalah kenaikan permuakaan air laut diatas keadaan normal. Sedangkan Pengertian Surut air laut adalah penurunan permukaan air laut dibawah keadaan normal. 
Spring Tides - Neap Tides
Pasang Purnama - Perbani
Setiap harinya permukaan air laut itu selalu berubah, kadang permukaan air laut naik, kadangkala disaat yang lain permukaan air laut turun. Permukaan air laut mengalami dua kali pasang dan dua kali dalam sehari atau 24 jam.
Penyebab pasang surut dari permukaan air laut adalah karena gaya gravitasi bulan dan gaya gravitasi matahari terhadap bumi. Tetapi untuk keadaan permukaan air laut yang pasang dan surut tersebut lebih utama disebabkan oleh gaya gravitasi bulan. Mengapa lebih utama disebabkan oleh gaya gravitasi bulan...? 
Hal ini karena jarak antara bumi dan bulan lebih dekat dibandingkan dengan jarak antara bumi dengan matahari sehingga gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik yang lebih dominan terjadi antara bumi dengan bulan, sehingga pengaruh bulan terhadap terjadinya pasang dan surut pada air laut lebih kuat.   
Jenis pasang air laut ada dua dan itu terjadi dalam satu bulan yaitu :
a. Dua Pasang Purnama (Spring Tides)
Pasang purnama ditandai dengan naiknya permukaan air laut yang tinggi, pasang purnama ini terjadi pada saat bulan purnama dan bulan baru.
b. Dua Pasang Perbani (Neap Tides)
Pasang perbani ditandai dengan naiknya sedikit permukaan air laut, pasang perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat.
Diantara dua pasang terjadi surut, dalam keadaan surut ini air laut mundur ketengah laut. Perbedaan tinggi permukaan air laut pada saat pasang dan saat surut kadang-kadang hanya 3 meter di laut terbuka.
Cukup sekian tulisan singkat kali ini tentang Pasang Surut Air Laut, semoga bermanfaat...Terima kasih...!

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :