Gaya Gravitasi atau Gaya Tarik Menarik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penemu gaya gravitasi adalah Isaac Newton, dia juga sangat dikenal dengan rumusannya tentang Hukum Newton. Apa itu gaya gravitasi...?
Sebagai ilustrasi, perhatikanlah sebuah batu yang anda lempar ke atas. Akan kemanakah batu yang anda lempar tadi...? Batu tersebut akan hilang karena naik keatas atau batu tersebut jatuh kembali kebumi...? Pastinya batu jatuh kembali kebumi kan...?
Mengapa batu jatuh kembali kebumi...? Hal ini bisa terjadi karena batu yang anda lempar ke atas tadi ditarik oleh bumi. Batu yang dilemparkan tadi sebenarnya juga menarik bumi, akan tetapi dikarenakan gaya tarik yang dimiliki oleh batu tersebut lebih kecil dan tidak sebanding dengan gaya tarik bumi, makanya batu jatuh kebumi.
Nah...Gaya tarik menarik seperti itulah yang disebut sebagai gaya gravitasi.
Gaya gravitasi tidak hanya dimiliki oleh batu dan bumi yang saya contohkan diatas, tetapi gaya gravitasi itu dimiliki oleh seluruh benda yang mempunyai massa. Semakin besar suatu benda memiliki massa, maka akan semakin besar pula gaya gravitasi yang dihasilkannya.
Contoh lain gravitasi dalam tata surya, karena besarnya gaya gravitasi yang dimiliki oleh mataharilah yang membuat planet-planet disekitarnya, satelit dan seluruh anggota dari tata surya yang lainnya bergerak mengelilingi matahari. Benda-benda dalam tata surya yang berada disekeliling matahari tidak dapat lepas dan meninggalkan tata surya dikarenakan adanya tarikan dari matahari.
Tapi kenapa planet-planet disekitar matahari seperti bumi misalnya tidak jatuh ke matahari padahal gaya gravitasi bumi lebih kecil dibandingkan dengan gaya gravitasi matahari...? Hal ini disebabkan bahwa bumi dan planet-planet lainnya selalu bergerak dengan kecepatan tertentu. Gerakan inilah yang menimbulkan gaya lain yang melawan gaya tarik matahari. Jika saja bumi dan planet-planet lain itu dalam posisi diam ataupun bergerak lambat yang tidak mampu melawan gaya tarik matahari, maka dapat dipastikan bumi dan planet-planet akan jatuh ke matahari.
Sebagai contoh mudah yang dapat menggambarkan gaya gravitasi diatas adalah, coba anda ambil tali dan sebuah batu, ikat batu pada ujung tali, ujung tali yang lainnya anda pegang, kemudian putarlah dengan kecepatan tertentu diatas kepala. Bagaimana, batu tidak akan jatuh kan pada saat memutar...? Sekarang coba perlambat putaran atau hentikan putaran, sudah pasti batu akan terjatuh. 
Gaya gravitasi antara dua buah benda juga dipengaruhi oleh jarak benda. Semakin jauh posisi sebuah benda maka gaya gravitasi terhadap benda lawannya juga semakin kecil. Begitupun semakin dekat maka akan semakin besar pula gaya gravitasi yang mempengaruhi antara dua buah benda tersebut. Contohnya besarnya gaya gravitasi bumi terhadap matahari akan berbeda dengan besarnya gaya gravitasi planet lain yang letaknya lebih jauh terhadap matahari.
Sudah jelas tentang gaya gravitasi...? 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :