Pengertian Obat Tradisional

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian dan Definisi Obat Tradisional
Obat tradisional adalah obat yang tidak menimbulkan banyak efek samping, karena kandungan kimianya masih bisa dicerna oleh tubuh untuk dikonsumsi.
Selain sangat bermanfaat obat tradisional lebih mudah terjangkau masyarakat dan ketersediaannya tidak terbatas (Septiatin, 2008). Sedangkan menurut Anonima (2010) Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional.
Sejak ribuan tahun yang lalu, obat dan pengobatan tradisional sudah ada di Indonesia. Pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tumbuhan berkhasiat obat merupakan pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit secara alami (Hembing, 2001). Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkan efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh (AnonimÂȘ, 2010).
Bahan baku untuk ramuan tradisional diantaranya jenis tanaman rempah-rempah, tanaman hias, dan tanaman liar yang ada di lingkungan sekitar kita. Jenis tanaman rempah adalah berbagai jenis tanaman yang memberikan aroma dan rasa khusus pada makanan dan minuman. Selain sebagai penyedap makanan, rempah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat dan jamu seperti jahe, kunyit, temulawak, dan serai. Rempah-rempah umumnya hidup di daerah tropis, termasuk di Indonesia (Septiatin, 2008).
Sumber :
Anonima, 2010, Obat Tradisional, id.wikipedia.org
Septiatin, A, 2008, Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar, CV.Yrama Widya, Bandung
Hembing, H.M., 2001, Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia Seri Rempah Rimpang dan Umbi, Wijaya Kusuma, Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :