South Beach Diet (SBD)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
South Beach diet (SBD)
Diet ini menekankan pilihan makanan protein rendah lemak, sayuran berkadar gula rendah dan produk olahan susu rendah lemak (Low Fat). Diet ini berasal dari Miami, Florida, Amerika Serikat. Diciptakan oleh Agatson, dokter ahli jantung terkemuka. Diet ini mengubah pola makan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat, protein, lemak, serta membatasi asupan karbohidrat komplek (nasi, kentang goreng, roti, pasta, mie dan makanan dari tepung). Asupan lemak yang dianjurkan adalah lemak tak jenuh yang banyak terdapat dalam ikan.
Ada beberapa tahapan dalam menjalani diet SBD ini, antara lain :
Tahap penentu keberhasilan berlangsung selama dua minggu. Perbanyak sayur-sayuran, kacang-kacangan dan menghindari makanan dengan kadar gula tinggi dan berlemak, seperti jenis karbohidrat kompleks. Pada tahap ini lidah anda akan dilatih untuk mengurangi dan menghilangkan kebiasaan makan makanan manis dan gurih yang menggemukkan. Pola makannya tetap tiga kali sehari dengan porsi cukup dan tidak berkalori tinggi. Anda tetap bisa makan snack dan buah dipagi dan siang hari, tetap boleh minum teh atau kopi tanpa gula. Anda tidak dianjurkan makan makanan yang digoreng. Jika dilakukan dengan benar, maka dalam dua minggu pertama berat badan akan turun 6 kg.
Menu South Beach Diet (SBD) :
Sarapan :
Oatmeal, susu rendah kalori, 1 buah apel. Atau 1 gelas corn flakes, 1 gelas susu rendah lemak. Atau bubur kacang hijau tanpa santan dan sedikit gula diet, jus apel dan jus jeruk yang diminum dengan ampasnya.
Makan Siang :
Sup kentang dengan kacang merah dicampur keju dan potongan daging kecil merah. Atau kentang kukus dengan ikan goreng atau ikan bakar tanpa mentega dengan sayuran berkuah atau dikukus, dilengkapi tahu dan tempe yang dibumbu kecap.
Makan Malam :
Salad sayur dengan minyak zaitun dan buah-buahan. Atau semangkuk sup kacang merah, wortel, brokoli, dan dengan sepotong ikan tongkol asam pedas. Atau ayam tumis cabe ijo tanpa kulit dan buah-buahan.
Selanjutnya pada tahap pembakaran lemak. Dilakukan sampai anda mendapatkan berat badan ideal. Waktunya bisa beberapa bulan sampai setahun. Anda bisa makan nasi, roti, mie dan pasta, tetapi porsinya terbatas dan wajar. Ditahap ini, anda sudah terbiasa makan makanan dengan taste yang tidak terlalu manis dan asin. Dalam tahap ini anda bisa menurunkan berat badan 0,5-1 kg per minggu. Menunya adalah :
Sarapan :
2 lembar roti tawar gandum dibakar tanpa mentega dengan olesan tipis selai stroberi, teh dengan gula rendah kalori, atau semangkuk bubur ayam.
Makan Siang :
3/4 gelas nasi putih atau nasi merah, ayam goreng / ikan goreng, tahu tempe, dan sayur bayam bening.
Makan Malam :
3/4 gelas nasi dengan ikan tongkol pedas, tempe bacem dan 1 buah jeruk.
Tahapan terakhir adalah tahap mempertahankan berat badan ideal. Pada tahap ini, sesekali anda boleh memanjakan lidah dengan makan makanan yang enak, manis dan gurih, tetapi tetap ada batasan agar berat badan tidak naik kembali (Info Kecantikan).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :