Memperkuat Rambut dan Menghilangkan Ketombe Dengan Daun Pandan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tips Memperkuat Rambut, Menghitamkan Rambut dan Menghilangkan Ketombe Dengan Daun Pandan
Selama ini daun pandan wangi dimanfaatkan untuk pengharum makanan seperti kolak, nasi uduk dan kue-kue. Namun ternyata daun pandan juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe di rambut. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena perawatannya bisa anda lakukan dirumah.
Pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset. Panjangnya dapat mencapai 60 cm, biasanya tumbuh subur dihalaman rumah, kebun ataupun didaerah dengan ketinggian 500 dpl.
Daun pandan memiliki aroma yang khas, baik ketika masih segar, dipotong-potong halus ataupun diremas.Tidak hanya untuk pengharum kue-kue, daun pandan juga dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe di rambut.
Daun pandan bisa menguatkan rambut karena mengandung antioksidan, zat alkaloida dan polifenol. Jika sering digunakan maka akar rambut menjadi kuat dan rambut tumbuh dengan sehat, serta kelembaban dan warna rambut akam berkilau.
Daun pandan sudah dimanfaatkan sejakdulu sebagai bahan pembuat minyak rambut alami atau minyak cem-ceman. inyak ini dapat menghitamkan rambut dan menguatkan akar rambut. Minyak ini tidak menggunakan bahan kimia yang membahayakan kulit kepala dan menimbulkan gatal-gatal yang menyebabkan ketombe. Karena itu, daun pandan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe di rambut.
Jika akar rambut tidak kuat maka bisa timbul kerontokan. Setiap hari rambut memang rontok, tetapi jika jumlahnya kurang dari 100 helai per hari maka masih tergolong wajar. Penyebab rambut rontok adalah faktor genetik, faktor lingkungan (debu, sinar matahari, asap rokok dan stress), serta pemakaian sampo atau perawatan rambut lainnya yang menggunakan bahan kimia berlebih.
Sementara ketombe adalah kulit mati hasil dari penghapusan lapisan superfisial epidermis. Penyebab ketombe adalah jamur furfur. Semakin banyak jamur yang berkembang maka bisa mempercepat pembaruan sel-sel dikulit kepala dan menyebabkan ketombe. Akhirnya kulit kepala menjadi kemerahan dan rambut mudah rontok. Selain itu penyebab ketombe adalah gangguan hormonal, diet ketat dan faktor-faktor metabolik yang mendukung terjadinya ketombe.
Jenis ketombe terbagi menjadi dua, yaitu ketombe kering dan ketombe berminyak. ketombe kering disebabkan oleh percepatan regerasi sel-sel dikulit kepala yang didorong ke permukaan, karena kita sering melihat ketombe bertaburan dirambut dan busana anda. Sementara ketombe berminyak adalah kelebihan sebum dan rambut sering berminyak. Ketombe mudah dikenali karena warnanya kuning dan menempel pada kulit kepala.
Resep Daun Pandan Untuk Rambut :
1. Menghitamkan rambut dan menguatkan akar rambut
Bahan : 
- 7 lembar daun pandan segar, cuci bersih dan digiling halus
- 1 liter air rebus
Cara membuat dan pemakaiannya :
- Masukkan daun pandan yang sudah dipotong halus kedalam 1 liter air, rebus hingga air berubah warna menjadi hijau.
- Angkat rebusan dan diamkan / embunkan rebusan ini, biarkan selama 1 malam.
- Keesokan paginya, rebus daun pandan dicampur dengan air perasan ddaun mengkudu yang sudah direbus.
- Campuran air daun pandan dan mengkudu dipakai untuk mencuci rambut seminggu tiga kali. Gunakan terus hingga rambut menghitam, biasanya setelah tiga minggu pemakaian hasilnya akan terlihat.
2. Menghilangkan Ketombe
Bahan :
- 7 lembar daun pandan segar, cuci bersih dan digiling halus.
- 1/2 cangki air bersih
Cara membuat dan pemakaian :
- Daun pandan yang sudah digiling halus, ditambahkan 1/2 cangkir air bersih. Remas-remas daun pandan secara merata.
- Lalu peras dan saring daun pandan yang sudah bercampur air.
- Air perasan daun pandan ini dioleskan keseluruh kulit kepala yang berketombe, diamkan hingga mengering.
- Setelah mengering, sisa air daun pandan yang masih ada dioleskan kembali ke kulit kepala dan dibiarkan selama 30-60 menit.
- Setelah itu, rambut dibersihkan dengan air. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari agar ketombe benar-benar hilang dari kulit kepala.
Perawatan rambut dengan daun pandan ini aman dan bisa digunakan untuk jangka panjang karena memang tidak menggunakan bahan kimia. Meskipun demikian, jika dipakai berlebihan juga tidak baik. Sebaiknya gunakan perawatan ini sesuai kebutuhan yang dialami rambut dan kulit kepala. Agar hasilnya bagus, sebaiknya  perawatan dari luar menggunakan daun pandan di imbangi dengan perawatan dari dalam. Sebaiknya pola makan dijaga, misalnya dengan makan sayur-sayuran, buah-buahan, serta beras dan ayam organik. Bahan-bahan makanan yang dikelola secara organik ini bagus untuk kesehatan kulit dan rambut (Info Kecantikan).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :