Topik Penelitian Yang Baik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Topik Penelitian Yang Baik
Hal pertama yang harus diperhatikan oleh calon peneliti adalah ciri-ciri topik penelitian yang baik agar topik penelitian yang dipilih benar-benar dapat dikatakan cukup berharga untuk diteliti. 
Ciri-ciri topik penelitian yang baik, antara lain adalah :
1. Urgen untuk diteliti
2. Akan membuahkan sesuatu yang baru bagi ilmu pengetahuan
3. Merupakan sumbangan bagi pengembangan ilmu dan bermanfaat bagi masyarakat
4. Topik aktual
Urgen untuk diteliti berarti penting untuk segera diselidiki pada waktu ini. Banyak topik yang juga perlu diteliti namun belum cukup mendesak untuk ditangani baik dari segi jangkauan kegunaannya maupun dari segi keterlaksanaan prosedurnya. Peneliti harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan memperhatikan fenomena sosial dalam masyarakat agar dapat membedakan mana permasalahan yang sudah waktunya ditangani segera dan mana yang masih dapat ditangguhkan dahulu.
Membuahkan sesuatu yang baru bagi ilmu pengetahuan artinya penelitian mengenai topik tersebut akan menghasilkan temuan baru yang dapat membuka cakrawala pemikiran dan memperkaya pengetahuan dengan informasi yang mutakhir. Penelitian mengenai topik yang tak akan membuahkan hal baru bagi ilmu pengetahuan akan kurang bermanfaat. Mungkin topik itu sendiri bukan topik yang sama sekali baru, akan tetapi tetaplah dituntut untuk melahirkan tesis dan hipotesis baru atau setidak-tidaknya data baru.
Sumbangan ilmu pengembangan ilmu dan manfaat hasil penelitian bagi masyarakat menentukan nilai hasil penelitian. Hasil penelitian haruslah merupakan sumbangan yang berarti bagi pengembangan disiplin ilmu itu khususnya dan ilmu pengetahuan umumnya, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekarang maupun yang akan datang.
Topik penelitian yang aktual jelas akan lebig baik daripada topik yang sudah "usang". Peneliti yang selalu mengikuti perkembangan ilmu akan lebih mudah menemukan topik yang aktual ddan segar. Sekedar melakukan penelitian mengenai topik yang usang, apalagi temuan-temuannya sudah sejak lama diketahui dan sudah sedemikian banyak dipublikasikan sehingga hasilnya sudah sangat konklusif, tidak banyak artinya lagi. Tanpa disertai oleh pendekatan atau teori baru, penelitian mengenai topik yang tidak lagi aktual nilainya tidak lebih daripada replikasi atau repetisi terhadap penelitian yang telah dilakukan orang lain.
Sumber :
Saifuddin Azwar, 2004, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hal.13-14. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :