Definisi Promosi Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Definisi - Pengertian Promosi Kesehatan
Menurut WHO, Promosi Kesehatan adalah proses yang memungkinkan orang untuk meningkatkan kontrol atas faktor-faktor penentu kesehatan dan dengan demikian meningkatkan kesehatan mereka. Promosi kesehatan berarti : Membangun kebijakan publik yang sehat menciptakan lingkungan yang mendukung, memperkuat aksi komunitas, mengembangkan keterampilan pribadi, dan mengorientasikan layanan kesehatan. 
Program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit fokus pada menjaga orang sehat. Promosi kesehatan melibatkan dan memberdayakan individu dan masyarakat untuk terlibat dalam perilaku sehat, dan membuat perubahan yang mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis dan morbiditas lainnya. 
Promosi Kesehatan
Gambar : www.open.edu
Promosi kesehatan dilakukan dalam konteks prinsip-prinsip kemitraan , partisipasi dan perlindungan aktif untuk mencapai kesehatan optimal. Promosi kesehatan adalah proses diarahkan memungkinkan orang untuk mengambil tindakan. Dengan demikian , promosi kesehatan bukanlah sesuatu yang dilakukan pada atau orang, hal itu dilakukan oleh, dengan dan untuk orang-orang baik sebagai individu maupun sebagai kelompok . 
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat keterampilan dan kemampuan individu untuk mengambil tindakan dan kapasitas kelompok atau masyarakat untuk bertindak secara kolektif untuk melakukan kontrol atas faktor-faktor penentu kesehatan dan mencapai perubahan yang positif. 
Promosi kesehatan tidak hanya mencakup tindakan diarahkan untuk memperkuat keterampilan dan kemampuan individu tetapi juga tindakan diarahkan perubahan kondisi sosial, lingkungan, politik dan ekonomi untuk mengurangi dampaknya terhadap populasi dan kesehatan individu.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :