Gigi Sensistif dan Gigi Terasa Ngilu

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Gigi Sensitif adalah kondisi dimana gigi bereaksi terhadap makanan atau minuman yang panas, dingin, manis atau asam. Penyebab Gigi Sensitif adalah adanya dentine hypersensitive akibat menipisnya enamel atau email (Lapisan terluar gigi), penurunan gusi, terbukanya dentin (lapisan kedua dibawah enalmel).
Dentine hypersensitive dan lain-lain diatas disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dengan tekanan berlebih yang dapat membuat gigi atau gingiva mengalami iritasi atau gusi menurun dari tempat lekatnya di leher gigi, karena gusi menurun atau melorot maka lama kelamaan akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang, lapisan email akan berkurang ketebalannya sehingga bila minum dingin, panas, asam atau manis, bahkan bila tersentuh bulu sikat gigi maka gigi akan terasa ngilu.
Cara mengatasi gigi sensitif adalah :
1. Jangan menyikat gigi terlalu keras atau dengan tekanan yang berlebihan.
2. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan halus.
3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride / strontium chloride / potassium nitrate,karena zat ini mampu membentuk ikatan kristalisasi serta menutup porus-porus pada permukaan gigi.
4. Melakukan penambalan jika leher gigi berlubang.
Sedangkan tentang penyebab rasa ngilu pada gigi adalah pelapis keras yang menutupi gigi yaitu enamel dan sementum (pelapis akar gigi) telah terkikis. kondisi ini membuat pori mikroskopik pada dentin terpapar dan akhirnya membuat zat pemicu menuju pada syaraf gigi. Bila itu terjadi, begitu anda menggigit makanan yang panas, dingin, manis, asam, rasa ngilu akan terasa.
Untuk mengatasi rasa ngilu gigi penyebab-penyebab diatas harus dihilangkan dengan penambalan ataupun perawatan yang lainnya ke dokter gigi serta merubah kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras menjadi pelan-pelan saja.
Demikianlah sekilas tentang Gigi Sensitiff dan Gigi Terasa Ngilu, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :