Tanda, Penyebab, Cara Mengatasi dan Mengobati Cantengan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tanda Terkena Cantengan, Penyebab Cantengan, Cara Mengatasi dan Mengobati Cantengan
Masalah lain selain kapalan yang bisa muncul pada kaki, terutama jempol kaki adalah cantengan atau ingrown nail. Gangguan tersebut ditandai dengan tumbuhnya kuku ke dalam daging dibawah kuku atau nail bed. Kondisi tersebut bisa menimbulkan luka, bengkak, dan nyeri. 
Cantengan bisa disebabkan oleh pemakaian sepatu yang terlalu sempit, sehingga kuku mengalami tekanan dan trauma. Bisa juga akibat memotong kuku tidak rata atau terlalu pendek, terutama dibagian tepinya, sehingga pertumbuhan kuku berikutnya cenderung masuk kedalam nail bed dan menimbulkan luka.
Luka tersebut akan diperparah jika terkena infeksi sekunder oleh bakteri akibat penggunaan alat pemotong kuku yang tidak bersih. Selain itu, cantengan juga bisa disebabkan adanya kelainan bentuk kuku, sehingga kuku cenderung tumbuh kedalam dan menekan nail bed. hal itu berkaitan dengan faktor genetik.
Cantengan bisa diatasi dan diobati dengan beberapa cara berikut ini :
a. Potong Kuku Sesuai Batasnya
Mencegah cantengan bisa dilakukan dengan cara memotong kuku sesuai batas kuku yang menempel pada nail bed. Gampangnya, kuku yang dipotong adalah ujung kuku yang berwarna lebih putih ketimbang kuku dibelakangnya yang cenderung berwarna pink, yang menempel pada nail bed.
b. Bersihkan Alat Pemotong Kuku
Meski terlihat sepele, membersihkan alat pemotong kuku setelah digunakan penting dilakukan. Sebab, alat pemotong kuku yang kotor memungkinkan kuman dan bakteri menempel pada alat pemotong tersebut. Sehingga ketika digunakan untuk memotong kuku lagi, kuman dan bakteri tersebut akan menempel juga pada kuku dan memungkinkan terjadinya infeksi sekunder. Karena itu, sebaiknya alat pemotong kuku dibersihkan setelah digunakan, dengan menggunakan alkohol.
c. Hindari Pakai Sepatu Sempit
Agar kuku tidak mengalami penekanan dan trauma yang memicu cantengan, sebaiknya hindari memakai sepatu terlalu sempit. Sebagai gantinya, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran dan benyuk kaki.
d. Beri Antibiotik
Mengatasi ingrown nail bisa juga dilakukan dengan cara memberikan antibiotik. Namun, itu dilakukan jika cantengan disertai infeksi sekunder oleh bakteri.
e. Operasi 
Jika cantengan sudah parah, diperlukan tindakan operasi untuk mengurangi jaringan kulit yang menebal dan bengkak (granulasi) (Cantiq).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :