Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis
Nama Ilmiah Jeruk Nipis : Citrus aurantifolia
Nama Asing Jeruk Nipis : Lime (Inggris), Lima (Spanyol), Limah (Arab)
Nama Daerah Jeruk Nipis : Jeruk Asam (Jawa), Limau Asam (Sunda), Jeruk Dhurga (Madura)
Ciri-Ciri Jeruk Nipis :
Pohon Jeruk Nipis : Pohon jeruk nipis berukuran kecil
Batang Jeruk Nipis : Memiliki duri tajam dan banyak cabang-cabang kecil
Daun Jeruk Nipis : Berbentuk bulat telur, agak kaku, panjangnya 4-6 cm, pada bagian tepi agak berlekuk ke atas, tangkai daunnya kecil dan sempit.
Bunga Jeruk Nipis : Berwarna putih dan harum
Buah Jeruk Nipis : Berbentuk agak bulat, ujungnya sedikit menguncup. Saat masih muda buah berwarna hijau, semakin tua semakin hijau muda atau kekuningan dan rasanya asam segar.
Tempat Tumbuh Jeruk Nipis :
Jeruk nipis menyukai tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik
Pengembangbiakan Jeruk Nipis :
Untuk menanam tanaman jeruk nipis dapat dipilih semaian dari biji ataupun bibit cangkokan.
Kandungan Jeruk Nipis :
Limonen, Linalin asetat, Genaril asetat, Asam sitrat, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Vitamin B1, Zat besi, Fellandren, dan Sitral.
Khasiat Jeruk Nipis :
1. Mengobati Demam
Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis, rebus dengan 2-4 gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.
2. Mengobati Batuk Kronis
Peraslah sebuah jeruk nipis tua, ambil air perasannya satu sendok teh, campur dengan kecap manis, minumlah tiga kali sehari.
Cara lain untuk mengobati batuk adalah dengan memanggang jeruk nipis sebentar diatas hingga diperkirakan air didalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah siam-siam kuku,  kemudian belah jeruk nipis lalu langsung peras kedalam mulut hingga mengalir ketenggorokan. Resep ini baik juga untuk menyembuhkan flu.
3. Mengobati Kurang Darah
Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 gr, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 gr. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya, air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis dan madu. Aduk sampai rata dan minum 2X ssehari.
4. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Isaplah sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuat anda terangsang untuk mium air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok juga membantu membersihkan nikotinyang sudah terdapat pada gigi.
5. Menghilangkan Bau Ketiak
Siapkan jeruk nipis yang dicampur dengan kapur sirih, setelah mandi usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh, lakukan pagi dan sore hari.
6. Memperlancar Air Kencing
Perasan air jeruk nipis dicampurkan kedalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.
Sumber :
Arif Fauzi, 2009, Aneka Tanaman Obat dan Khasiatnya, Media Pressindo, Yogyakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :