Tips Mengatasi Anak Susah Mandi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada dasarnya bayi atau anak-anak suka dengan air. Bahkan tak jarang seorang anak sangat betah berlama-lama mainan air.
bayi anak mandi
Namun kadang kala anak juga tidak menyukai air sehingga untuk urusan mandi kadang anak jadi rewel.
Anak yang susah mandi apabila dipaksa biasanya akan menangis jadi kita perlu cara agar anak mudah dimandikan.

Berbagai penyebab anak tidak mau mandi misalnya karena kondisi dingin, anak sedang asyik bermain, pengalaman tidak enak saat mandi, anak sedang sakit, pola mandi yang monoton.
Berikut ini tips mengatasi anak susah atau tidak mau mandi :
1. Bila kondisi dingin
Air atau suhu dingin biasanya akan membuat sikecil ogah mandi...untuk mengatasinya adalah kita buatkan air hangat untuk mandi.
2. Anak sedang asyik bermain
Bila anak susah mandi karena sedang asyik bermain maka tidak ada salahnya jika mainan anak yang tidak rusak karena air kita bawa dan cemplungin ke bak mandi. Kalo biasanya ketika mandi menggunakan gayung sesekali bisa menggunakan selang air, kita buat seolah-olah mirip air mancur, jadi anak bisa bermain-main dengan air sekaligus bisa mandi.
3. Pengalaman tidak enak saat mandi
Kadang kita dalam memandikan anak sering tidak sabar, anak kita siram bahkan sampai gelagepan kena siraman air, kita sabunin, bilas dan selesai. Terkesan kasar dalam memandikan anak akan membuat anak tidak menyukai mandi. Jadi rubahlah cara kita dalam memandikan anak, lakukan dengan sabar dan lemah lembut.
4. Anak sedang sakit
Hal ini penting untuk anda cermati...sangan sampai anda memaksakan mandi ketika anak sedang kurang sehat. Sebagai pengganti mandi cukup anda sibin, dengan begitu anak lebih nyaman.
5. Pola mandi monoton
Rutinitas mandi kadang begitu-begitu saja, untuk anak-anak kadang bikin jenuh dan tidak suka. Kadangkala ikuti kemauan sikecil, misalnya kalo anak nggak pingin disiram maunya masuk bak...ya masukin aja...

Yang penting dalam menyikapi anak yang susah mandi adalah kreatif, misalnya sambil nyiram kembang sambil mandiin anak, dan jangan lupa sabar dan lemah lembut ya biar anak suka dengan perlakuan kita.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :