Penyebab Leukemia dan Gejala Leukemia (Kanker Darah)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyebab Leukemia (Kanker Darah)
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab leukemia (kanker darah) adalah kombinasi virus, genetik, faktor imunologi, dan daya tahan tubuh yang lemah terhadap radiasi serta beberapa zat kimia.
Walaupun demikian, tidak diketahui secara pasti bagaimana datangnya penyakit. Ditemukan adanya sel-sel yang masih muda serta sel darah putih yang tidak terakumulasi di jaringan asalnya. Sel-sel muda ini memasuki aliran darah, kemudian menyusup ke jaringan tubuh lainnya, akhirnya mengakibatkan organ tersebut tidak berfungsi. Leukemia akut biasanya lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.
Gejala Leukemia (Kanker Darah)
Secara khusus, gejala yang timbul adalah panas yang tinggi, perdarahan secara abnormal, misalnya perdarahan di hidung (epistaksis), perdarahan gusi, adanya bintik merah atau cokelat, mudah mengalami luka memar, dan pada wanita, periode menstruasi lebih panjang.
Gejala sebelumnya, seperti panas yang tidak terlalu tinggi, mengalami kelelahan, dan kehilangan energi, terjadi beberapa hari atau bulan sebelum gejala timbul. Penderita juga akan mengalami pucat, kedinginan, dan infeksi yang berulang-ulang.
Ada juga leukemia disertai sesak napas, anemia, lelah, tidak enak badan (malaise), denyut jantung cepat, jantung berdebar-debar, bising jantung, serta rasa sakit pada tulang atau lambung.

Sumber Tulisan :
Yuniarti Tanjung, 2011, Berdamai Dengan Kanker, Kiat Hidup Sehat Survivor Kanker, Qanita, Bandung.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :