Kenali Penyebab Kanker Paru-Paru (Causes of Lung Cancer)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyebab Kanker Paru-Paru
Seperti halnya pada kanker-kanker yang lain, penyebab pasti kanker paru pun belum diketahui. Namun, sejauh ini asap rokok diklaim sebagai penyebab utama kanker paru (tipe karsinoma).
Apa alasannya ? Karena asap rokok mengandung lebih dari 4.000 jenis zat kimia, yang 50 jenis diantaranya bersifat karsinogen dan beracun. Oleh sebab itu, makin sering seseorang merokok, makin besar pula risikonya menjadi penderita kanker paru.
Demikian pula risiko orang yang tidak merokok, tetapi sering terpapar asap rokok (yakni perokok pasif). Hmm...sial nian nasib para perokok pasif ini. Tidak merokok tapi “penderitaannya” sama dengan para perokok aktif.
Penyebab kanker paru yang lainnya adalah kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan dan pembakaran (termasuk asap rokok), rendahnya tingkat kekebalan tubuh, usia, dan faktor genetik. Yang mengejutkan, hasil penelitian terkini memberikan bukti-bukti yang kuat bahwa betakarotene, yang terkandung dalam kebanyakan multivitamin, dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru.

Sumber Tulisan :
Agustina Soebachman, 2011, Awas 7 Kanker Paling Mematikan, Syura Media Utama, Yogyakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :