Pengertian / Definisi Sehat

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sehat dan sakit adalah suatu kejadian yang merupakan rangkaian proses yang berjalan terus menerus dalam kehidupan masyarakat. 
Secara sederhana konsep sehat-sakit dapat dianggap bergerak dari suatu titik sehat ke titik sakit melalui suatu horizontal, ataupun sebagai suatu variabel kontinu. 
Sebagai ilustrasinya, digambarkan sebagai berikut : 
Sehat --------->>--------Sakit 
Konsep sederhana ini kemudian mengalami perkembangan yang begitu pesat searah dengan tuntutan kemajuan iptek dan perkembangan sosial budaya masyarakat. 
Karena itu, misalnya sehat yang dulu dapat dijelaskan hanya sekedar dengan menyatakannya dengan "tidak sakit" menjadi hal yang sulit dimengerti. Demikian juga pertanyaan mengapa terjadi sakit, tidaklah menjadi suatu pertanyaan yang mudah dijawab atau hanya mempunyai satu jawaban tunggal.

Hal itu ditandai dengan berkembangnya konsep sakit yang semula single-kausa menjadi multi-kausa. Selain itu, berkembang pula teori yang memandang sehat sebagai suatu variabel kontinu (Bustan, 2006). 
Arti Kata sehat menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah suatu keadaan/ kondisi seluruh badan serta bagian-bagiannya terbebas dari sakit. 
Pengertian sehat menurut Undang-Undang Kesehatan No 23 tahun 1992 sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan seseorang dapat hidup secara sosial dan ekonomis. 
Konsep “sehat”, World Health Organization (WHO) merumuskan dalam cakupan yang sangat luas, yaitu “keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat”. Dalam definisi ini, sehat bukan sekedar terbebas dari penyakit atau cacat. Orang yang tidak berpenyakit pun tentunya belum tentu dikatakan sehat. Dia semestinya dalam keadaan yang sempurna, baik fisik, mental, maupun sosial

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :