Cara Pengolahan Air Minum

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Berbagai cara sederhana dapat kita lakukan untuk mengolah air yang akan kita konsumsi, hal ini perlu kita lakukan karena sumber air yang kita gunakan belum tentu memenuhi persayatan air yang sehat.
Berikut ini cara pengolahan air minum yang dapat kita lakukan :
1. Pengolahan Air Minum Secara Alamiah
Cara pengolahan air secara alamiah dapat kita lakukan dengan cara penyimpanan (storage), misalnya sumber air minum yang kita peroleh dari air sumur, danau, sungai, adalah dengan kita simpan terlebih dahulu dan dibiarkan dalam beberapa jam dalam wadahnya. Dengan dibiarkan maka akan terjadi kongulasi dari zat-zat yang terdapat di air tersebut sehingga akan terbentuk endapan. Air yang sudah membentuk endapan maka akan menjadi jernih.
2. Pengolahan Air Dengan Cara Menyaring
Cara sederhana dalam melakukan penyaringan adalah dengan bahan kerikil ijuk dan pasir, setelah disaring maka air akan menjadi lebih jernih.

3. Pengolahan Air Dengan Penambahan Zat Kimia
Zat kimia yang kita gunakan ada 2 macam, yaitu pertama berfungsi membantu pengendapan air misalnya dengan menggunakan tawas, yang kedua zat kimia yang kita tambahkan berfungsi untuk membunuh dan membasmi bibit penyakit yang terdapat didalam air, misalnya dengan menggunakan chlor.
4. Pengolahan Air Dengan Memasak Sampai Air Mendidih
Dengan dimasak sampai mendidih maka bakteri dan bibit penyakit yang terdapat didalam air minum akan mati sehingga air yang kita konsumsi menjadi lebih sehat dan tidak menyebabkan penyakit.
Demikianlah Tips Pengolahan Air Minum, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :