Promosi Lewat Iklan Surat Kabar

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Iklan di surat kabar juga bisa sangat efektif. Sayangnya, iklan di media surat kabar ini juga terbilang mahal, tergantung pada siapa penerbitnya. Seperti ide pemasaran lainnya, saya (Andrew Griffiths) sarankan anda menyesuaikan iklan jenis ini dengan anggaran yang dimiliki. Semakin besar iklannya, semakin besar hasil yang diberikan.
Iklan surat kabar merupakan cara yang cocok untuk mempromosikan barang-barang yang memerlukan tindakan cepat. Maksudnya, pelanggan membaca iklan tersebut dan bisa mengambil tindakan hari itu juga. Iklan ini tentang obral di pusat perbelanjaan setempat, film baru, mobil baru, rumah atau restoran. 
Surat kabar mendatangkan hasil instan dan karena inilah anda perlu menyesuaikan iklan agar dapat memaksimalkan manfaat sifat iklan ini. Hal-hal berikut merupakan cara untuk meningkatkan keberhasilan dalam iklan di surat kabar :
1. Selalu buat judul iklan yang kuat sehingga mampu menarik perhatian pembaca.
2. Buat desain iklan yang ukurannya tidak biasa.
3. Minimalkan kata-kata.
4. Usahakan menyisakan ruang kosong yang cukup dalam iklan anda.
5. Gunakan bingkai pembatas.
6. Beri alasan bagi orang lain untuk segera menghubungi anda.
7. Gunakan gambar hanya jika memiliki banyak kontras, cetakan surat kabar merupakan kualitas terendah yang dapat anda gunakan, jadi hati-hati saat ingin menggunakan gambar.
8. Pastikan anda sudah memasukkan semua fakta, siapa, apa, kapan dan dimana.
Posisi iklan juga menjadi aspek yang tidak kalah penting. Sebagian orang berani menjamin bahwa iklan anda sebaiknya di sisi kanan halaman dan lebih baik lagi jika di tidak selalu di nomor belakang (halaman-halaman depan surat kabar). 
Karena itulah harga dihalaman ini lebih mahal. Saya tidak terlalu percaya dengan hal ini, tetapi anda bisa mencoba dan melihat mana yang salah. Semakin sering anda memasang iklan semakin mungkin anda mendatangkan hasil. Ikuti petunjuk diatas dan anda akan meningkatkan peluang menghasilkan iklan surat kabar yang sukses.
Sumber tulisan :
Andrew Griffiths, 2011, 101 Strategi Jitu Pemasaran, Bisnis Pasti Sukses dengan Creative Marketing, Tangga Pustaka, Jakarta.  

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :