Pengertian Dental Plak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dental Plak adalah suatu deposit lunak yang melekat erat pada permukaan gigi yang terdiri dari mikroorganisme atau bakteri-bakteri yang berkembang biak dalam suatu matrik interseluler apabila seseorang melalaikan kebersihan gigi dan mulutnya.
Dental Plaque ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan melakukan kumur-kumur seperti layaknya menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Dental plak hanya bisa dibersihkan dengan cara menyikat gigi yang mengenai plak tersebut. Namun demikian plak akan selalu muncul beberapa waktu setelah dilakukan menyikat gigi.
Plak jika masih sedikit tidak dapat dilihat dengan mata, cara melihat plak adalah dengan memberikan pewarnaan. Pewarnaan untuk melihat dan mengetahui adanya plak adalah dengan menggunakan disclosing solution, sehingga akan dengan bantuan cairan disclosing solution ini maka akan terlihat jelas plaknya.
Plak hanya dapat dilihat oleh mata tanpa bantuan disclosing solution ketika plak sudak menumpuk dalam jumlah yang banyak, pada kondisi ini maka plak akan terlihat berwarna abu-abu, abu-abu kekuningan dan warna kuning.
Plak ini biasanya mulai terbentuk pada sepertiga permukaan gingival dan pada permukaan gigi yang kasar atau tidak sempurna.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :