Keunikan dan Kelebihan Unta

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Hewan Unta sebagai makhluk yang mampu bertahan di gurun, tentu memiliki kelebihan dari hewan lain. Keunikan dan Kelebihan Unta yang membuatnya mampu hidup di panas dan ganasnya gurun pasir antara lain :
1. Punuk Unta
Punuk unta adalah gundukan lemak. Fungsi punuk unta adalah sebagai cadangan makanan, punuk unta ini merupakan gundukan lemak. Lemak ini bisa diubah menjadi sumber tenaga dan air. Sehingga, unta dapat berjalan di padang pasir yang sangat panas dan mampu bertahan selama sekitar tiga minggu tanpa makan dan minum. 
Pada masa itu, unta akan kehilangan 33% berat badannya. Padahal dalam kondisi yang sama seorang manusia meninggal dalam waktu 36 jam, dan kehilangan seluruh air dari tubuhnya serta 8% berat badannya. Ketika unta menemukan sumber air, ia akan meminumnya dan menyimpannya di tempat-tempat yang bisa menyimpannya, termasuk darah. Unta mampu minum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit.
2. Mata Unta
Bagian kelopak mata unta dapat tembus cahaya sehingga unta bisa tetap melihat walaupun matanya tertutup. kelopak mata dan bulu matanya yang panjang dan tebal berfungsi untuk melindungi mata dari masuknya debu dan butiran pasir akibat hembusan badai pasir. selain itu bulu matanya bisa saling mengait membentuk semacam teralis melindungi mata dari debu.
3. Hidung Unta
Unta memiliki hidung yang dapat menutup ketika ada badai pasir, sehingga pasirnya tidak mengganggu pernafasannya.
4. Kaki Unta
Walaupun unta membawa beban ratusan kilogram, kaki unta tidak terperosok kedalam pasir, karena bentuk kakinya yang lebar sehingga mampu menahan beban berat tubuhnya. Bentuk kaki unta juga panjang supaya tubuhnya jauh dari pasir yang panas dibawahnya.
5. Kulit dan Bulu Unta 
Gurun pasir memiliki amplitudo suhu yang tinggi. Saat siang suhunya sangat panas, pada saat malam suhunya turun drastis bisa sampai mendekati nol derajat. Tubuh unta memiliki lapisan-lapisan tebal pada bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan tanah, sehingga ketika unta duduk dipasir yang panas maka kulitnya tidak akan terbakar. Kulit tebal dan bulu rambut tang tebal juga digunakan unta untuk melindungi dirinya dari dinginnya malam yang membeku.
Demikianlah tentang Keunikan dan Kelebihan Hewan Unta (Tashfiyah).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :