Anak Sudah Besar Masih Sering Ngompol

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sering kita dengar seorang anak yang sudah besar masih sering ngompol, memang keadaan semacam ini sering terjadi setidaknya ada saja seorang anak yang masih ngompol meskipun sudah besar, bahkan sampai usia SMP masih sering ngompol.
Penyebab anak sering ngompol biasanya karena kelelahan, kedinginan, bisa juga karena adanya faktor psikologis ketakutan sehingga membuatnya ngompol tanpa bisa kendalikan. Karena saya pernah mendapatkan cerita dari teman bahwa anaknya sering ngompol dikelas karena ada trauma pernah dikunci temannya di kamar kecil sehingga membuatnya takut kekamar kecil, sehingga yang terjadi adalah anak selalu ngompol dikelas karena takut tidak berani pipis ke kamar kecil.
Untuk mengatasi anak sudah besar masih sering ngompol bisa anda coba :
1. Terapi pijat refleksi.
2. Tidur diawal waktu, jangan sampai anak tidur diatas pukul 10 malam.
3. Biasakan anak selalu pipis setiap hendak tidur.
4. Bangunkan anak 3-5 jam tidur untuk pipis.
5. Beri nasehat anak, agar tidak ngompol lagi karena bisa menjadi ejekan teman-temannya.
Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan, tetapi anak masih sering ngompol sebaiknya anda pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan anak anda, apakah penyebab ngompol karena ada kelainan pada saluran kencing dan lain-lain, dengan konsultasi ke dokter maka anda akan mendapatkan solusi dan cara tepat mengatasi anak yang sering ngompol

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :