Pengertian Psikologi, Antropologi dan Sosiologi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ilmu Prilaku adalah cabang dari ilmu-ilmu sosial yang sasaran atau objeknya adalah perilaku manusia. Jika ilmu sosial mencakup bidang-bidang ilmu politik, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, dan psikologi, maka ilmu perilaku hanyalah terdiri dari tiga cabang ilmu yaitu psikologi, sosiologi dan antropologi.  
Pengertian Psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek kejiwaan dan kepribadian individu dan kelompok. Bidang cakupannya adalah proses mental atau emosional, dan karakteristik perilaku individu maupun kelompok.
Pengertian Antropologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan evolusi manusia yang mencakup unsur fisik, sosial dan budayanya. Sesuai dengan bidang orientasinya, antropologi dapat dibedakan dalam antropologi fisik, antropologi sosial dan antropologi budaya, sedangkan antropologi medis mengkhususkan diri pada studi tentang pengaruh unsur budaya terhadap penghayatan masyarakat tentang penyakit atau kesehatan.
Pengertian Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dengan kelompok (mulai dari keluarga sampai dengan kelompok masyarakat yang kompleks), struktur sosial, serta meneropong proses-proses sosial termasuk perubahan sosial. Menurut Parsudi Suparlan, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang secara sistematik mempelajari kelakuan sosial manusia, yaitu yang berkesan dengan pola-pola dan proses-proses interaksi diantara individu dan kelompok, bentuk-bentuk kelompok sosial, dan pengaruh kelompok sosial terhadap kelakuan individu.
Solita Sarwono, 1993, Sosiologi Kesehatan, Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :