9 Penyebab Penuaan (Aging) Menurut Ilmu Kedokteran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada Masa Perkembangan dan Perutumbuhan Manusia, ketika seseorang berumur 25 tahun sel-sel tubuh mulai menua dan semakin tua usia atau umur maka proses penuaan akan meningkat. Indikasi penuaan yang paling mudah dilihat adalah kulit, karena kulit adalah bagian luar tubuh yang mudah terlihat.
Penyebab Penuaan atau Aging menurut ilmu kedokteran antara lain adalah :
1. Over-Oksidasi, yaitu tubuh yang kelebihan oksidasi dapat mempercepat penuaan.
2. Usia Sel, ruang antar sel yang dipenuhi oleh limbah metabolisme dapat menyebabkan penuaan.
3. Mutasi Sel dan Penyimpangan Kromosom, diakibatkan oleh radiasi yang berakibat mempercepat penuaan.
4. Kegagalan Sistemik Mental, misalnya adalah ketika shok berat yang secara tiba-tiba membuat terlihat tua karena adanya pengaruh pusat otak.
5. Protein Menua, terjadi karena kesalahan sintesis protein, yaitu gen yang abnormal yang menghambat sintesis protein.
6. Disfungsi Sistem Endokrin, misalnya penurunan fungsi gonad, tiroid, adrenal, hipofisis yang membuat tubuh manusia cepat tua.
7. Mikrosirkulasi, yaitu pengendapan sisa metabolisme dalam tubuh yang mengakibatkan banyak pembuluh darah mikro menjadi rusak, pembuluh darah menyempit, pembuluh darah menutup, sehingga pergantian metabolisme menjadi terbatas yang selanjutnya menyebabkan penuaan sel.
8. Hilangnya Hormonal, yaitu hormon yang memegang peranan dalam memperbaiki metabolisme tubuh serta menjaga fungsi fisiologi agar tubuh bekerja normal, jika hormonal ini hilang dan tidak seimbang maka fungsi fisiologis akan menurun dan mengalami penuaan.
9. Keracunan dan Gizi Buruk, jika tubuh keracunan atau terkena gizi buruk makan akan berpengaruh besar terhadap tubuh, dampak yang nyata adalah cepatnya terlihat tua.
Demikianlah 9 Penyebab Penuaan (Aging) Menurut Ilmu Kedokteran, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :