Macam Tulang Manusia : Tulang Keras dan Tulang Rawan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pergerakan tubuh manusia didukung oleh dua organ utama yaitu tulang dan otot. Tanpa tulang maka manusia akan seperti tumpukan daging, tanpa otot maka tubuh manusia juga tidak dapat bergerak. Jika tubuh manusia ingin bergerak secara normal maka otot dan tulang harus berfungsi dengan baik.
Berikut ini adalah macam-macam tulang :
1. Tulang Keras
Dimana ada tulang disitu pasti ada otot, karena memang kedua alat yang berfungsi untuk pergerakan ini saling mendukung satu sama lain. Tulang keras tempat melekatnya otot dibungkus oleh lapisan jaringan ikat yang disebut dengan periosteum.
Macam tulang keras pada manusia adalah :
a. Tulang Pipa
Bentuk tulang pipa memang identik dengan bentuk pipa yaitu bulat panjang. Tulang keras juga memiliki ujung berbentuk bonggol dimana dalam bonggol tulang ini berisi sumsum kuning.
Contoh tulang pipa pada tubuh manusia adalah tulang paha, tulang lengan, tulang jemari, tulang betis, tulang kering.
b. Tulang Pipih
Bentuk tulang ini pipih, dalam tulang pipih terdapat sumsum merah, tulang pipih merupakan tempat pembentukan sel darah merah dan pembentukan sel darah putih.
Contoh tulang pipih pada tubuh manusia adalah tulang tengkorak, tulang belikat , tulang bahu, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul.
c. Tulang Pendek
Tulang ini berbentuk pendek dan tidak beraturan yang berisi sama dengan tulang pipih yaitu adanya rongga tempat sumsum merah.
Contoh tulang pendek pada tubuh manusia adalah tulang pergelangan tangan dan kaki, tulang telapak dan jari-jari tangan kaki, tulang-tulang ruas punggung.
2. Tulang Rawan
Mengapa tulang rawan ini berbentuk elastis, hal ini dikarenakan dalam tulang rawan mengandung zat perekat atau kolagen yang banyak tersusun protein sedangkan zat kapu yang berperan besar dalam pengerasan tulang jumlahnya sedikit sedikit sehingga membuat tulang rawan ini lentur dan elastis.
Contoh tulang rawan pada tubuh manusia adalah tulang telinga, tulang hidung, dan tulang-tulang persendian.
Demikianlah sekilas tentang Macam Tulang Manusia : Tulang Keras dan Tulang Rawan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :