Satelit Ruang Angkasa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian satelit adalah benda angkasa yang mengelilingi planet. Dalam tata surya (Solar System), satelit merupakan salah satu anggota tata surya. 
Natural Satellite
Sputnik
Macam satelit ada 2 macam yaitu : Satelit Alamiah (Natural Satellite) dan Satelit Buatan. Dalam tata surya terdapat 63 satelit yang mengelilingi planet dimana bumi kita ini memiliki 1 satelit alamiah yaitu bulan.
Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia untuk keperluan tertentu. Contoh satelit buatan antara lain adalah : Satelit Sputnik, Satelit Explorer, Satelit Helios, Satelit Pioneer, Satelit Landsat, Satelit Tiros, Satelit Nimbus, Satelit Palapa, Satelit Midas, Satelit Samos, Satelit Cosmos.
Berikut ini penjelasan ringkas tentang satelit buatan  diatas :
Explorer
Helios
1. Satelit Sputnik I
Satelit Sputnik ini merupakan satelit yang pertama kali mengelilingi bumi.
Satelit Sputnik merupakan satelit milik Uni Soviet. Satelit Sputnik diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Oktober 1957.
Satelit Sputnik ini mengelilingi bumi dalam waktu 1 jam 36,2 menit dengan kecepatan 28.800 km/jam. Mengirimkan berbagai informasi mengenai tata surya ke bumi itulah kegunaan satelit ini.
2. Satelit Explorer
Satelit Explorer merupakan satelit milik United States.
Misi dari satelit ini untuk meneliti radiasi ultraviolet matahari, sifat magnet ruang angkasa, debu kosmik, mengamati korona dan meteorit.
Pioneer
3. Satelit Helios
Landsat
Satelit Helios ini merupakan satelit milik Germany. Satelit Helios sama dengan satelit explorer yang dipergunakan untuk misi meneliti matahari.
4. Satelit Pioneer
Selain memiliki Satelit Explorer untuk meneliti matahari, Amerika Serikat juga memiliki satelit lain untuk meneliti matahari yaitu satelit Pioneer.
5. Satelit Landsat
Tiros
Satelit Landsat juga merupakan satelit milik Amerika Serikat.
Nimbus
Satelit digunakan untuk misi meneliti bagian dalam dari bumi dan berhasil menemukan lokasi sumber minyak dan mineral. Satelit Landsat juga dipergunakan untuk pemetaan geologi dan digunakan untuk pengembangan sistem jika terjadi gempa.
6. Satelit Tiros
Satelit milik Amerika Serikat ini merupakan satelit cuaca yang digunakan untuk misi meneliti formasi awan. Satelit Tiros I adalah satelit cuaca pertama yang diluncurkan oleh USA pada tahun 1960.
Palapa
7. Pesawat Nimbus
Midas
Satelit milik USA ini dipergunakan untuk mengukur radiasi di atmosfer bumi. Satelit Nimbus I diluncurkan pada tahun 1964 dan Satelit Nimbus 6 diluncurkan pada tahun 1975.
8. Satelit Palapa
Satelit Palapa ini milik negara kita Indonesia. Satelit ini dipergunakan untuk menyebarkan informasi melalui radio dan televisi.
9. Satelit Midas 
Dalam bidang militer Satelit Midas oleh USA dipergunakan untuk mengetahui peluncuran peluru kendali melalui alat sensor inframerah.
Samos
10. Satelit Samos
Cosmos
Masih dalam bidang militer, satelit lain yang digunakan oleh USA adalah Satelit Samos.
Satelit Samos ini mempunyai kemampuan untuk melihat instalasi militer negara lain. Satelit-satelit militer ini disebut juga dengan satelit mata-mata.
11. Satelit Cosmos
Satelit Cosmos untuk kepentingan militer ini merupakan satelit milik Rusia, satelit ini mampu mengambil gambar lapangan udara, pabrik senjata, dan tempat-tempat peluncuran senjata. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :