Jaman Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, Megalithikum

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jaman Prasejarah selain ditinjau dari geologi, ditinjau juga dari arkeologi yang meliputi jaman batu dan jaman logam. Nah yang akan saya tuliskan adalah tentang jaman batu.
Sebutan Jaman Batu merupakan sebutan yang didasarkan pada hasil temuan benda-benda yang terbuat dari batu yang pergunakan manusia purba pada jaman tersebut. Jaman batu dibagi menjadi emapat yaitu Jaman BatuTua atau Paleolithikum, Jaman Batu Madya atau Mesolithikum, Jaman batu Muda atau Neolithikum dan Jaman Batu Besar (Megalithikum).
1. Jaman Paleolithikum (Jaman Batu Tua)
Jaman Paleolithikum ini disebut juga sebagai jaman batu tua. Hasil kebudayaan yang ditemukan pada jaman paleolithikum diantaranya adalah kapak genggam atau chopper dan alat serpih atau flakes.
Di Indonesia manusia purba yang diketemukan dan diperkirakan hidup pada jaman paleolithikum adalah :
a. Meganthropus Paleojavanicus
Pada tahun 1941 Von Koenigswald menemukan fosil manusia purba ini di Desa Sangiran daerah lembah Bengawan Solo. Ciri manusia purba jaman ini mempunyai rahang yang besar dan dianggap sebagai manusia tertua yang hidup di Pulau Jawa, kehidupan manusia purba ini diperkirakan 2 -1 juta tahun yang lalu.
b. Pithecanthropus Robustus dan Pithecanthropus Mojokertensis
Fosil manusia purba Pithecanthropus Robustus ini diketemukan oleh Von Koenigswald dan F. Weidenreich pada tahun 1939 di Trinil, Sangiran Lembah bengawan Solo. Sedangkan Pithecanthropus Mojokertensis diketemukan oleh Von Koenigswald di daerah Perning Mojokerto.
c. Pithecanthropus Erectus
Pada tahun 1890 Eugene Dubois menemukan fosil manusia purba ini di daerah Trinil, Ngawi Jawa Timur.
d. Homo Soloensis dan Homo Wajakensis
Pada tahun 1931 – 1933 fosil manusia purba homo soloensis ketemukan oleh Von Koenigswald, Oppernoorth dan Ter Haar. Fosil manusia purba ini ditemukan di daerah Ngandong Blora, Sangiran, Sambung Macan, Sragen. Homo Wajakensis diketemukan di daerah Wajak Tulungagung oleh Von Reitschhotten pada tahun 1889.
2. Jaman Mesolithikum (Jaman Batu Madya)
Jaman Mesolithikum merupakan lanjutan dari jaman paleolithikum dengan pola kehidupan yang lebih beragam. Jaman Mesolithikum ini juga disebut Kjokkenmoddinger atau sampah dapur dan Abris sous Roche atau gua-gua tempat tinggal manusia.
Hasil kebudayaan yang dipergunakan pada jaman mesolithikum diantaranya adalah kapak genggam tetapi berbeda bentuk dengan kapak genggam jaman paleolithikum dimana kapak genggam ini terbuat dari batu yang dipecah dan lebih halus. Kapak genggam jaman mesolithikum ini diberi nama pebble. Benda lain hasil kebudayaan mesolithikum adalah kapak pendek atau hache courte, ujung panah, alat-alat dari tulang dan tanduk rusa.
3. Jaman Neolithikum (Jaman Batu Muda)
Hasil kebudayaan yang paling terkenal pada jaman neolithikum atau jaman batu muda adalah kapak persegi dan kapak lonjong yang terbuat dari batu maupun dari calsedon (batu api). Bentuk kapak ada yang besar dan ada yang kecil. Kapak yang berukuran besar dipergunakan sebagai cangkul dan kapak yang dikecil digunakan sebagai tatah atau alat pahat. Benda lain hasil kebudayaan jaman ini adalah benda-benda perhiasan, gerabah dan perhiasan. Perhiasan pada jaman neolithikum terbuat dari batu dan kulit kerang. Sedangkan pakaiannya terbuat dari kulit kayu.
4. Jaman Megalithikum (Jaman Batu Besar)
Jaman megalithikum atau jaman batu besar memiliki ciri bahwa manusia pada jaman tersebut sudah mampu membuat bangunan-bangunan besar yang terbuat dari batu. Bangunan-bangunan besar ini dalam bentuk :
a. Pandhusa / Kubur Batu
Benda ini berbentuk meja batu dengan bagian kaki tertutup rapat yang dipergunakan sebagai kuburan.
b. Sarkofagus
Benda ini berbentuk batu utuh yang ada tutupnya yang dipergunakan untuk keranda mayat.
c. Punden Berundak
Benda ini berbentuk batu bertumpuk yang dipergunakan untuk alat dan tempat pemujaan.
d. Arca
Benda ini berbentuk patung, baik itu patung hewan dan patung manusia.
e. Menhir
Benda ini berbentuk tugu atau tiang-tiang batu yang dipergunakan sebagai tempat pemujaan.
f. Dolmen.
Benda ini terbuat dari batu yang berbentuk meja yang dipergunakan untuk tempat sesajen.
Cukup sekian tulisan tentang Jaman Batu Prasejarah : Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, Megalithikum...Semoga bermanfat.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :